POPULAR STORIES

Gabung Parpol, Intip Spesifikasi Vespa VBB Klasik Yang Digunakan Ridwan Kamil

Gabung Parpol, Intip Spesifikasi Vespa VBB Klasik yang Digunakan Ridwan Kamil Kipli/ Instagram @ridwankamil @golkar

KabarOto.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terlihat asyik berkendara menggunakan motor klasik yakni Vespa VBB. Hal tersebut Ia lakukan sesaat setelah meninggalkan kantor DPP Partai Golkar hari Rabu (18/01).

Menilik sejarah dan spesifikasinya, Vespa VBB masuk ke Indonesia mulai tahun 1961 hingga 1965. Mesinnya mengusung konfigurasi 2 langkah 1 silinder 145,5 cc dengan tenaga 5,5 dk yang mengantarkannya menuju kecepatan maksimum di angka 87 kpj.

Skuter asal Italia tersebut dilengkapi transmisi 4 percepatan manual, sistem pembakarannya menggunakan Dellorto SI20/17C.

Baca juga: Ini Ciri-ciri Cat Orisinal Pabrik Skuter Vespa

Vespa VBB memiliki ukuran panjang 1.680 mm dan tinggi 1.500 mm, dengan bobot di angka 93 kg.

Analisa dari Om Beng selaku Founder Indonesia Vespa Days (IVD) ketika diwawancarai KabarOto (19/01), Vespa yang digunakan Kang Emil sudah dilakukan beberapa modifikasi.

"Pendar cahaya lampunya seperti sudah custom, karena aslinya hanya akan berpendar pada satu titik, kemungkinan sudah pakai aki juga," ujar penggeber Vespa P150X merah tersebut.

Baca juga: Jangan Sedih, Merchandise Resmi Vespa World Days (VWD) 2022 Masih Tersedia

Ia juga bilang, bagian pelek dan ban juga sudah diganti menjadi 10 inci, karena VBB standar menggunakan tipe roda 8 inci.

"Sepatbor VBB juga tidak seperti yang digunakan, itu (sepatbor) bisa Bisma atau tipe Dolphin. Lalu ekor belakang Vespa juga bisa dibedakan, tahun 1961 lebih bulat dan produksi setelahnya lebih kotak," bebernya.

Menurut Om Beng, wajar saja jika modifikasi seperti penerangan yang lebih baik dilakukan oleh Kang Emil, alasannya adalah sebagai tokoh masyarakat dan pemimpin daerah yang baik, secara psikologis harus taat aturan lalu lintas sebagai contoh publik.