POPULAR STORIES

Gaet GM, Cara Honda Bikin Mobil Listrik Murah

Gaet GM, Cara Honda Bikin Mobil Listrik Murah Penulis: Bagas/KC

KabarOto.com - Kendaraan elektrifikasi yang pengembangannya butuhkan biaya yang tak sedikit, membuat Honda mengambil keputusan menggandeng General Motors (GM). Sedianya Honda membuat dua macam mobil listrik.

Mengambil basis dari teknologi terdepan yang dimiliki GM yakni platform kendaraan dengan baterai Ultium. Sedianya untuk wujud kendaraan, terserah Honda akan seperti apa bentuknya.

Adapun kendaraan listrik Honda ini akan menyentuh lantai diler pada tahun 2024 di wilayah Amerika Serikat dan Kanada. Produksi kendaraan akan dilakukan di fasilitas GM di Amerika Utara.

Baca juga: Daihatsu Hadirkan Layanan Service Mobil di Rumah

Kerjasama elektrifikasi antara Honda dan GM ini termasuk pula pada pengembangan fuel cell dan Cruise Origin, kelistrikan, swa kemudi dan kendaraan berbagi yang akan diperkenalkan awal tahun ini di San Francisco. Honda juga sudah bersama GM melakukan pengembangan module baterai sejak tahun 2018.

New Ultium Batteries dan Flexible Global Platform yang akan dipakai Honda



"Kolaborasi ini akan semakin memperkuat kedua perusahaan, sekaligus efisiensi skala produksi dan ini memberikan nilai lebih kepada konsumen," ujar Rick Schostek, Executive Vice President of American Honda Motor Co., Inc.

Dirinya menjelaskan bahwa perluasan kerjasama akan membuka skala ekonomi untuk mengakselerasi rencana tahapan elektrifikasi dan lebih terdepan industri sekaligus menekan emisi gas rumah kaca.

Doug Parks, GM executive vice president of Global Product Development, Purchasing and Supply Chain memberikan komentar, "Kesepakatan ini semakin memperkuat hubungan dengan Honda dan lebih jauh mempertegas keunggulan teknis dan kemampuan baterai Ultium dan platform kendaraan listrik terbaru kami."

Sebagai bagian dari kerjasama pengembangan kendaraan listrik, Honda akan melibatkan GM OnStar safety dan security service di dua mobil terbaru ini. Tentu saja tak melupakan Honda Link sebagai andalan.

Kabarnya, Honda berencana membuat nyata teknologi hands-free advance driver-assist lansiran GM. Tunggu saja, sob!