POPULAR STORIES

Gagal Dapat Poin Karena Penalti, Yuki Tsunoda Ungkap Kekecewaan

Gagal Dapat Poin Karena Penalti, Yuki Tsunoda Ungkap Kekecewaan Foto : AlphaTauri.

KabarOto.com - Yuki Tsunoda (AlphaTauri) menelan pil pahit pada balapan Formula 1 di Spanyol kemarin. Pebalap Jepang gagal mendulang poin karena terkena penalti 5 detik, membuat posisinya merosot finis ke-12.

Penalti 5 detik ia dapatkan karena insiden dengan Guanyu Zhou (Alfa Romeo). Pada lap ke-56 dari 66 lap, pembalap Alfa Romeo itu menggunakan DRS untuk melewati Tsunoda. Namun memasuki tikungan 2, Zhou terlihat menggoyangkan setir mobilnya ke sisi kiri hingga keluar jalur.

Baca Juga : Klasemen Konstruktor F1 2023 Usai GP Spanyol, Mercedes AMG Petronas Naik Peringkat

Hal tersebut dilakukan karena Tsunoda dianggap tidak memberikan ruang cukup untuk Zhou menyalip. Tsunoda melanggar Lampiran L, Bab IV Pasal 2b dari Kode Olahraga Internasional dengan hukuman penalti 5 detik, Tsunoda gagal meraih poin karena terjun ke posisi 12, sementara Zhou meraih 2 poin setelah finis posisi 9.

"Itu adalah penalti yang konyol, dan rasanya sangat tidak adil. Dia (Zhou) keluar lintasan, dan berpura-pura seperti dipaksa keluar, padahal tidak. Jelas, masih ada ruang di luar," jelas Tsunoda.

Baca Juga : Hasil F1 Spanyol 2023, Max Verstappen Menang Sempurna

Selain itu Tsunoda tidak diberi tahu oleh tim soal penalti tersebut, hingga garis finis. "Setelah bendera dikibarkan, dan saya sangat senang. Namun setelah pemberitahuan radio itu, saya benar-benar kecewa," paparnya.

Dengan Zhou mendapat 2 poin, pembalap asal Tiongkok itu akhirnya menyalip Tsunoda di klasemen pembalap 2023. Zhou berada di ranking 16 dengan 4 poin, sementara Tsunoda di bawahnya dengan 2 poin.