POPULAR STORIES

Gagal Digelar Di Monas, Jakpro Siapkan Lokasi Lain Untuk Formula E

Gagal Digelar di Monas, Jakpro Siapkan Lokasi Lain untuk Formula E Formula E (Enel)

KabarOto.com - PT Jakarta Propertindo (Jakpro), selaku penyelenggara balapan Formula E Jakarta, menghormati keputusan Komisi Pengarah yang tidak memberi izin penyelenggaraan balapan di Monas.

"Kami menghormati sepenuhnya keputusan Komisi Pengarah, dan kami siap mencari lokasi alternatif atas arahan Komisi Pengarah," kata Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo.

Baca Juga: Balap Formula E Akan Digelar Di Jantung Kota Jakarta, Ini Lokasinya!

Sebagaimana diberitakan, Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka, tidak mengizinkan penyelenggaraan balapan Formula E yang semula akan diselenggarakan di kawasan Monas.

Adanya keputusan tersebut, membuat panitia penyelenggara segera mencari beberapa tempat untuk dijadikan alternatif.

Siapkan lokasi pengganti

"Kami sebagai Organizing Committee Formula E Jakarta sudah mempersiapkan lokasi pengganti dari Monas yang memenuhi kriteria sebagai ikon Jakarta dan Indonesia," ujar Dwi.

Lebih lanjut ia mengatakan, lokasi baru tersebut tentunya akan mempertimbangkan masukan dari pemerintah pusat dan pihak-pihak terkait lainnya, untuk menyukseskan balapan mobil ramah lingkungan tersebut di Jakarta.

"Pengumuman lokasi sirkuit pengganti akan dilakukan setelah disetujui oleh FEO dan FIA, selaku partner penyelenggaraan Formula E Jakarta," kata Dwi dalam keterangan resminya, Kamis (6/2).

Ilustrasi balap Formula E

Ia menambahkan, pada awalnya Monas dipilih sebagai ikon Jakarta dan Indonesia. Karena, Monas adalah simbol kota dan negara, layaknya Eiffel di Paris.

"Monas dan Eiffel adalah lokasi paling ideal bagi penyelenggaraan Formula E. Namun, karena Komisi Pengarah tidak mengizinkan, kami menghormati keputusan itu," tuturnya.

Baca Juga: Catat Tanggalnya! Jakarta Dipastikan Menjadi Tuan Rumah Balap Formula E

Ke depan, sebagai penyelenggara balap mobil Formula E yang sudah menandatangani kontrak selama 5 tahun, Jakpro berharap tahun berikutnya Monas dapat digunakan sebagai lokasi sirkuit Formula E Jakarta.
"Kami berharap tahun mendatang kita diizinkan di Monas," pungkas Dwi. Jakarta E-Prix adalah salah satu seri dalam rangkaian Kejuaraan FIA Formula E 2019/2020.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama COO FEO Alberto Longo pada September tahun lalu menyatakan bahwa kontrak awal Jakarta E-Prix akan berdurasi lima musim kejuaraan yang akan berakhir pada 2024.