POPULAR STORIES

Gaikindo Apresiasi Dukungan Pemerintah Untuk Industri Otomotif Indonesia

Gaikindo Apresiasi Dukungan Pemerintah untuk Industri Otomotif Indonesia GIIAS Power Dinner (Foto: Gaikindo)

KabarOto.com - GIIAS Power Dinner mempertemukan Agen Pemegang Merek (APM) dengan Kementerian Perindustrian, menjelang berlangsungnya GIIAS 2023.

Tahun ini adalah penyelenggaraan ke-2 GIIAS Power Dinner, dan kali ini diikuti oleh seluruh petinggi Agen Pemegang Merek (APM) peserta GIIAS 2023. Pertemuan dihadiri langsung oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, Dirjen ILMATE Taufiek Bawazier, Dirjen KPAII Eko SA Cahyanto, dan jajaran Kementerian Perindustrian lainnya.

Gaikindo mewakili industri otomotif Indonesia menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kebijakan dari pemerintah Indonesia, khususnya Kementerian Perindustrian, industri otomotif Indonesia berhasil menutup tahun 2022 dengan capaian baik, bahkan melebihi catatan sebelum pandemi.

Baca Juga: Cara Beli TIket GIIAS 2023 Secara Online

Pameran otomotif juga akan meningkatkan penjualan kendaraan di Indonesia

”Semua ini dapat dicapai dengan dukungan dan kebijakan dari Kementerian Perindustrian, khususnya dibawah arahan Bapak Menteri,” ujar Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo.

Menurutnya dengan kebijakan PPnBM DTP, pembangunan pelabuhan khusus kendaraan Patimban, serta perkembangan pesat infrastruktur jalan, pertumbuhan wholesale kendaraaan pada tahun 2022 naik hingga 18% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Sehingga tahun 2022 lalu, secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia naik empat peringkat menduduki peringkat ke-11, sementara untuk penjualan domestik Indonesia juga naik menjadi posisi ke-14 dunia.

Sebagai apresiasi atas dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian, atas nama industri otomotif Indonesia, Gaikindo menyampaikan plakat khusus dengan bentuk kendaraan kepada Menteri Perindustrian.

“Industri otomotif Indonesia menyampaikan terima kasih kepada Bapak Menteri Perindustrian, tidak hanya melewati masa pandemi yang berat, namun juga dapat mencatat capaian tertinggi dibandingkan sebelumnya,” tutur Nangoi.

Baca Juga: Ini Lokasi Test Drive Dan Test Ride Di GIIAS 2023

Pada kesempatan yang sama Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita juga memberikan arahan langsung kepada para petinggi industri otomotif Indonesia, untuk menghadapi tantangan dalam upaya terus mengembangkan industri otomotif nasional.

“Sektor otomotif di Indonesia tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga memberikan peluang ekonomi yang signifikan baik bagi perusahaan domestik maupun asing," jelas Agus.