Gara-gara Kabel Digigit Tikus, Pemilik Tesla Harus Rogoh Kocek Puluhan Juta

Gara-gara Kabel Digigit Tikus, Pemilik Tesla Harus Rogoh Kocek Puluhan Juta Tesla Model 3 2018 (Foto: Car and Driver)

KabarOto.com - Tikus bukan hanya menjadi musih bagi para petani yang tanamannya selalu dirusak. Binatang pengerat ini juga kerap menjadi pengganggu bagi pemilik mobil. Karena, Tikus mengigit kabel-kabel krusial yang ada di mobil.

Ruang mesin, menjadi tempat persembunyian tikus, untuk mencari kehangatan. Saat bersarang di mesin, tak jarang mereka mengigiti kabel-kabel, dan berakibat pada mobil yang kondisinya terganggu. Masalah ini membuat pemilik mobil harus merogoh kocek di luar biaya perawatan rutin agar komponen mobil bisa kembali berjalan normal.

Baca juga: Bahaya Tikus Saat Mobil Lama Terparkir

Bahkan, mobil yang dirusak oleh tikus tersebut, bisa sampai menghabiskan biaya hingga puluhan juta rupiah. Hal ini yang dialami oleh pemilik mobil Tesla Model 3 dari Manhattan, New York, Amerika Serikat.

Dikutp dari Carbuzz, New York Post mengabarkan, Dr. Sarah William sebagai pemilik mobil mendapati seekor tikus di kompartemen glove box Tesla Model 3 miliknya. Setelah itu, ia mengalami AC yang tak berfungsi di mobil lansiran 2018 itu, dan ia pun membawa ke bengkel pada pertengahan Mei lalu.

Tak disangka, ia pun harus membayar tagihan untuk perbaikan itu mencapai USD 5.000 atau sekitar Rp 72 jutaan. Biaya yang dikeluarkan itu tidak masuk garansi Tesla, dan mobil ternyata belum selesai diperbaiki hingga dua bulan.

Baca juga: Hilangkan Suara Tikus Cit...Cit...Cit Di CVT Motor Matic

Tikus-tikus merusak dan memakan isolasi kabel. Penasihat layanan Tesla, Jose Solis dalam email yang dikirim ke Williams menuturkan, sebagian besar pabrikan mobil menggunakan kedelai dalam isolasi kawat, untuk kendaraan baru, karena lebih murah dan lebih baik untuk lingkungan.

Namun ada banyak faktor di luar kendali Tesla, yang membuat pabrikan tidak bisa menutupi ini dengan garansi atau perbaikan. Dianggap sebagai bahan yang ramah lingkungan, namun kenyataannya malah menjadi sasaran tikus pada bagian kabel tersebut. Walaupun pihak pabrikan mengklaim jika gangguan tikus itu adalah alami.

Rupanya bukan hanya pengguna Tesla yang mengalami gangguan pada tikus. Di 2018, sebanyak 21 pemilik mobil Toyata mengajukan gugatan terhadap pabrikan asal Jepang tersebut, akibat masalah isolasi kabel berbahan kedelai.