POPULAR STORIES

Bahaya Tikus Saat Mobil Lama Terparkir

Bahaya Tikus saat Mobil Lama Terparkir

KabarOto.com - Selama di rumah saja, pasti banyak kendaraan yang hanya terparkir begitu saja. Agar kendaraan tetap prima dan terawat saat akan digunakan kembali, Sobat KabarOto harus rutin memberi perawatan. Mesin dan interior biasanya menjadi bagian yang cukup dikhawatirkan. Kerusakan karena jarang dipakai bisa disebabkan oleh hewan juga, Sob.

Hewan pengerat atau tikus ternyata menjadi musuh utama saat mobil didiamkan begitu saja. Pasalnya, hewan ini menyukai tempat yang lembap, gelap, statis, dan tidak banyak gangguan dari manusia. Sesuai dengan karakter lokasi tersebut, hewan ini suka di ruang mesin dan kabin.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mobil Klasik Nan Antik

Sugiarto, Technical Training & Service Manager DFSK menjelaskan walaupun kabel dan plastik bukan makanan tikus dan hewan pengerat lainnya, namun untuk menjaga panjang dan ketajaman gigi selalu dalam keadaan baik, hewan pengerat akan menggerogoti kabel. Sugiarto juga membagikan beberapa tips yang bisa dilakukan oleh Sobat KabarOto agar kabel maupun interior tidak digerogoti tikus.

  1. Apabila akan parkir dalam waktu yang lama pastikan memilih tempat yang tidak lembap, jauh dari tempat sampah, got, dan lokasi lainnya yang menjadi sarang tikus.
  2. Apabila memungkinkan, usahakan untuk menggeser kendaraan agar tidak parkir dalam diam di waktu yang lama.
  3. Panaskan mesin serta buka aliran udara ke kabin secara teratur, apabila Sobat KabarOto terpaksa untuk parkir di waktu yang lama.
  4. Letakkan wewangian yang cukup menyengat agar tikus tidak suka.

Baca Juga: Kendaraan Nganggur Lama Akibat PSBB, Ini Tipsnya Agar Tetap Prima

Nah, dari poin-poin tersebut bisa Sobat KabarOto praktikan di rumah agar mobil terhindar dari tikus-tikus nakal. Perawatan bisa disesuaikan dengan kondisi, apakah mobil berdiam di waktu yang lama atau masih bisa diajak jalan-jalan walau sebentar.