POPULAR STORIES

Begini Cara Merawat Mobil Klasik Nan Antik

Begini Cara Merawat Mobil Klasik Nan Antik Koleksi mobil klasik Pak De Bei Budiono (Foto: Wandha)

KabarOto.com - Sampai saat ini mobil-mobil tua alias klasik masih digandrungi. Bahkan, tidak hanya orang-orang pada generasi tua saja loh yang mengoleksi barang antik ini. Nah, tidak hanya sekedar mengoleksi sosok Pakde Bei Budiono sepertinya sudah ramah di telinga ya.

Baca Juga: PPMKI Hadirkan Deretan Mobil Klasik Untuk Rangkul Anak Muda

Pakde Bei ini seorang pencinta dan penikmat mobil antik, begitulah sebutan yang ia sukai. Koleksi mobil antiknya mencapai 25-an lebih loh. Wah, pasti banyak yang bertanya deh apa mobil sebanyak itu tidak sulit perawatannya?

Di rumanhnya yang beralamat di Melati Mas BSD inilah mobil-mobilnya terkumpul. Disini juga pakde merekrut rekan kerja sekitar 4 orang untuk membantunya merawat hingga membenahi puluhan mobil tua kesayangannya. Pakde tidak merasa kesulitan loh.

Nah, yang perlu rutin dilakukan ada servis berkala. Sama seperti mobil-mobil keluaran baru, mobil tua juga harus rutin di servis.

Detil bodi berbahan besi yang bersih dan terawat

Hal ini dilakukan untuk menjaga performa kendaraan agar sebisa mungkin masih sama seperti dulu, atau minimal tidak mengalami kerusakan yang parah. Pakde menjelaskan, "Sama (seperti mobil sekarang), servis berkalanya kayak ganti oli, ganti busi, pembersihan kerak-kerak di kepala aki."

Kerennya nih, Pakde Bei tidak perlu ke bengkel untuk melakukan perawatan ini. Semuanya dilakukan sendiri bersama tim kerjanya.

Contoh besi berkarat habis

"Semuanya di lakukan sendiri, ada yang bagian membersihkan wildop tutup roda, ada yang bagian mesin, ada yang membersihkan kaca, ada yang merapikan kabel. Ada step by step, yang penting hindari bahan kimia yang tajam," jelas Pakde.

Bahan kimia ini bisa merusak lapisan permukaan mobil, contohnya saja cat. Sebaiknya gunakan air dan sabun saja, atau apabila tidak yakin bisa pakai bensin. Ada satu hal lagi nih yang harus diperhatikan, yaitu segera cuci mobil setelah terkena air hujan.

Cara membersihkan jamur mobil di besi

Karena kalau dibiarkan akan menimbulkan jamur. Nah, jamur inilah yang akan menyebabkan karat pada mobil. Sebelum menjadi karat ada pasta yang di jual dipasaran untuk menghilangkan jamur. Sayangnya, apabila sudah menjadi karat habis, sudah tidak bisa dibersihkan jadi harus diganti.

Untuk keamanan mesin bisa nih mobil dipanaskan setiap dua minggu sekali. Ajak mobil jalan-jalan sebentar supaya perputaran mesinnya tidak rusak. Nah, kalau mobil jarang digunakan, bisa copot saja kabel akinya supaya awet dan tidak cepat habis.

Ada tips khusus nih terkait perkabelan yang ada di mesin mobil. Kalau ada yang pernah bermasalah karena kabel mesin dimakan tikus, supaya tidak rusak Sobat Kabaroto bisa tabur lada di mesin mobil. Jadi tikus akan menghindari area ini.

Baca Juga : Melihat Bus Klasik Dodge 500 Yang Pernah Dipakai Sumber Alam