POPULAR STORIES

Geber Wuling Cortez CT Di Lintasan Sirkuit Sentul, Begini Rasanya!

Geber Wuling Cortez CT di Lintasan Sirkuit Sentul, Begini Rasanya! Wuling Cortez Turbo (Deni/KO)

KabarOto.com - Wuling Motors menambah line-up produk medium Multi Purpose Vehicle (MPV) mereka, yakni Cortez untuk pasar otomotif di Indonesia. Melalui hadirnya Wuling Cortez CT atau yang juga dikenal dengan Wuling Cortez Turbo.

Berbeda dari jajaran produk Wuling Cortez sebelumnya, untuk produk terbaru ini Wuling menyematkan mesin yang diklaim lebih bertenaga. Mesin yang digunakan sendiri merupakan mesin yang sama dibenamkan kepada Almaz, namun telah mendapatkan penyesuaian.

Lalu seperti apa sensasi berkendara bersama Wuling Cortez CT? Beruntung redaksi KabarOto mendapatkan kesempatan secara langsung untuk mengujinya di lintasan Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/4) lalu.

Wuling Cortez Turbo
Wuling Cortez Turbo menawarkan performa yang cukup baik

Impresi berkendara dengan mesin Turbo

Dengan mengusung mesin baru, rasanya pengujian mesin menjadi fokus kami, ketika diberi kesempatan untuk menggeber mobil terbaru asal Tiongkok itu. Ketika berada di dalam kabin, mesin 1.500 cc dengan turbocharger terasa halus, minim suara yang masuk ke dalam kabin. Nuansa kabin terasa kedap, dan juga cukup membuat nyaman ketika berada dibalik kemudi.

Baca juga: Mencoba Transmisi Semi Otomatis Wuling Confero S ACT

Saat mulai menginjak pedal gas, putaran mesin pun terasa halus. Perpindahan gigi pun lembut, jika gas diinjak secara mengurut. Mesin 4-silinder 1.5 liter turbocharger lansiran Honeywell ini dirasa cukup mengakomodir kebutuhan ketika Cortez CT digunakan dalam kondisi normal saja.

Namun ketika menginjak gas lebih dalam, tenaga 140 dk dengan torsi 250 Nm yang dihasilkan mesin itu terasa cukup mengasyikan. Terlebih ketika memindahkan transmisi ke mode Sport. Jika gas diinjak mengurut, tenaga terasa mengisi sejak di putaran rpm 2.200 hingga menembus 5.200 rpm. Sensasi ini nyatanya membuat redaksi KabarOto sangat nyaman ketika berada dibalik kemudi.

Sayangnya, ketika pedal gas diinjak secara mengagetkan dan dalam sejak putaran bawah, rasanya perpindahan transmisi otomatis CVT 8-percepatan Cortez Turbo sedikit lamban. Hentakan baru terasa di rentang rpm 4.500-5300 rpm. Dengan kecepatan yang sudah memasuki sekira 80 kpj ke atas.

Wuling Cortez Turbo

Sebenarnya hal tersebut dirasa wajar, mengingat mobil ini memang ditakdirkan sebagai mobil keluarga. Namun pastinya mobil ini sejatinya mengasyikan juga untuk diajak memacu adrenalin.

Saat diajak meliuk-liuk dilintasan sirkuit, mobil terasa nyaman. Minim bodyroll dan juga cenderung tidak limbung, baik pengemudi maupun penumpang di baris kedua nyatanya tetap nyaman berkat dukungan suspensi McPherson Strut dibagian depan dan independen di bagian belakang.

Untuk mendukung performa, Cortez CT di bekali oleh rem cakram di tiap roda berukuran 16 inci. Ketika menguji deselerasi di lintasan zig-zig, rasanya teknologi ABS, EBD, dan BA yang telah tersemat di mobil ini mampu menjawab kebutuhan.

Sejalan dengan itu, Cortez Turbo telah ditunjang dengan fitur keselamatan modern, seperti fitur rem parkir elektrik dengan Auto Hold, hill hold control, traction control system, electronic stability control dan dual airbag di depan ditambah airbag samping untuk baris depan.

Fitur rear parking camera Wuling Cortez Turbo

Fitur yang menjadi nilai tambah Cortez CT

Selain sejumlah fitur diatas, Wuling Cortez CT juga telah dilengkapi sejumlah fitur pendukung lainnya, salah satunya adalah tire pressure monitoring system (TPMS) yang memberikan informasi terkait kondisi angin pada ban.

Wuling Cortez CT juga didukung dengan pengingat sabuk keselamatan, dua sensor di depan, empat sensor parkir belakang, kamera parkir mundur, ISOFIX, immobilizer dan alarm anti-maling.

Selain itu, Cortez CT juga dilengkapi sejumlah fitur modern lainnya seperti smart key (keyless) dan tombol untuk menyalakan maupun mematikan mesin (start/stop engine button).

Baca juga: Wuling Cortez CT Incar Konsumen Yang Dambakan Mobil Keluarga Bertenaga

Interior Wuling Cortez CT

Fitur menarik lainnya yang juga menunjang Cortez antara lain remote yang memungkinkan untuk membuka seluruh jendela, fitur ini memudahkan ketika membuang hawa panas jika terparkir terlalu lama. Selain itu, Cortez pun telah dilengkapi dengan sun roof untuk menunjang kesan mewah semakin terasa. Penyejuk kabin pun sudah otomatis atau yang dikenal dengan climate control dengan pengaturan digital.

Wuling Cortez CT menawarkan sistem hiburan berupa head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang telah terintegrasi dengan port USB, Bluetooth, SD card dan Mirror Link. Sistem navigasi juga sudah terpasang sebagai sistem bawaan. Sistem audio bisa diakses melalui tombol pada palang kemudi untuk memudahkan pengemudi ketika berkendara.

Mesin Turbo Wuling Cortez CT

Update Eksterior dan Interior

Secara tampilan, varian Cortez CT mendapatkan sejumlah penambahan yang meliputi bagian gril yang mendapatkan sentuhan baru, serta penambahan emblem Turbo yang berada dibagian belakang.

Selain itu, di dalam kabin Cortez turbo telah menggunakan balutan kulit dengan dominasi kelir putih. Mobil ini menyediakan konfigurasi 7-seater dengan baris kedua dengan model captain seat. Kursi baris depan juga bisa diatur secara elektronik.

Untuk diketahui, hingga saat ini pihak pabrikan masih menutup informasi rapat-rapat terkait harga dari produk terbaru ini. Karena direncanakan Cortez CT bakal resmi meluncur bersamaan dengan perhelatan Telkomsel IIMS 2019 mendatang.

Mesin 4 silinder segaris DOHC, Turbocharged
Kapasitas Mesin 1.451 cc
Tenaga maksimum 140 dk/5.200 rpm
Torsi 250 Nm/1.600-3.600 rpm
Dimensi P x L x T 4.780 x 1.816 x 1.755 mm
Jarak Sumbu Roda 2.750 mm
Radius Putar 5,6 meter
Sistem Penggerak FWD
Ban 205/55 R16
Transmisi Continuous Variable Transmission (CVT)
Suspensi Depan/Belakang McPherson Strut/Independent
Rem depan/belakang Cakram