POPULAR STORIES

Mencoba Transmisi Semi Otomatis Wuling Confero S ACT

Mencoba Transmisi Semi Otomatis Wuling Confero S ACT Wuling Confero S ACT (Deni/KO)

KabarOto.com - Wuling Motors melengkapi line-up produk Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) mereka yakni seri Confero dengan merilis Wuling Confero S ACT. Berbeda dari jajaran produk lainnya yang lebih dulu dipasarkan di Indonesia, model ini dibekali sistem transmisi otomatis atau yang dikenal dengan e-Clutch racikan Schaeffler.

Transmisi baru yang disematkan pada Confero S ACT sendiri memungkinkan pengemudi memindahkan transmisi, tanpa harus menginjak kopling. Selain itu, pihak pabrikan pun menyempurkan Confero S ACT ini dengan sejumlah fitur baru yang membuatnya semakin menarik.

Lalu seperti apa impresi berkendara bersama Wuling Confero S ACT yang direncanakan bakal meluncur di ajang Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 pada 25 April hingga 5 Mei 2019 mendatang? Berikut sedikit ulasannya.

Wuling Confero S ACT
Secara tampilan eksterior Wuling Confero S ACT tidak mengalami ubahan yang mencolok

Baca juga: Wuling Cortez CT Incar Konsumen Yang Dambakan Mobil Keluarga Bertenaga

Eksterior

Dari sisi tampilan Wuling Confero S ACT tidak banyak mengalami ubahan, jika dibandingkan dengan model Confero S manual, mengingat mobil ini memang menggunakan basis yang sama. Wuling Confero ditunjang tampilan modern, melalui hadirnya desain gril yang menyerupai sebuah sarang lebah, berkelir hitam yang dihiasi dengan lis krom.

Selain itu, di bagian bumper terlihat dilengkapi fog lamp dan juga lampu Daytime Running Light (DRL). Lampu utama pakai model proyektor, yang menambah kesan modern.

Secara dimensi, Wuling Confero S ACT memiliki desain yang cenderung mengkotak khas MPV. Dilihat dari samping pun rasanya mobil ini terlihat elegan dan juga mewah. Pada bagian belakang, terlihat mobil ini memiliki desain yang tak kalah menarik, desain lampu belakang yang memanjang kesamping menunjang tampilannya yang modern.

Sebagai catatan, untuk varian Confero S ACT telah dilengkapi dengan fitur tambahan yakni Electric-Adjustable Foldable Mirror yang memungkinkan kaca spion yang bisa melipat otomatis.

Dasbor Wuling Confero S ACT
Dasbor berbekal desain dasbor dengan dominasi kelir hitam

Interior

Masuk ke kabin, nuansa elegan nan mewah terpancar mulai dari bagian dasbor hingga balutan jok kulit dengan dominasi warna hitam. Menariknya untuk varian terbaru Confero ini telah dilengkapi dengan Driver Seat Height Adjuster, yang memungkinkan pengemudi mengatur jok naik turun sesuai dengan kebutuhan.

Wuling Confero S ACT didukung perangkat hiburan yang modern, melalui hadirnya head unit berukuran 8 inci yang terintegrasi dengan USB, Bluetooth, Aux, CD, DVD, MP3, dan bisa terkoneksi dengan smartphone via mirror link.

Pada bagian setir pun terdapat tombol multifungsi yang dapat mengatur berbagai fungsi maupun mode di head unit, serta multi information display (MID) yang tertera pada bagian tengah takometer dan spidometer.

Untuk menunjang kesan mewah, pihak pabrikan menghiasi dasbor dengan jam model analog di bagian tengah atas yang berada di antara kisi AC. MID mobil ini telah dilengkapi dengan fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Transmisi 6-percepatan semi otomatis (e-Clutch)
Transmisi 6-percepatan semi otomatis (e-Clutch)

Mesin Dengan Transmisi Baru

Sisi ini rasanya yang paling menarik untuk diperbincangkan, di mana Wuling Confero S ACT menggunakan transmisi baru semi otomatis atau e-Clutch. Kesan pertama saat merasakan sensasi mengemudikan mobil dengan transmisi ACT (automatic clutch transmission) 6-speed ini terasa unik, namun sangatlah menarik.

Sensasi berkendara bersama mobil ini pun sempat membuat kami penasaran. Sebagai gambaran, mungkin bisa digambarkan seperti berkendara dengan transmisi manual, namun tak perlu repot untuk menginjak kopling.

Bisa dibilang mengemudikan mobil ini sama seperti mengendalikan mobil manual dan mirip dengan mengemudikan mobil matik. Sebagai pembeda, jika transmisi otomatis konvensional tak perlu banyak memindahkan tuas persneling. Untuk sistem transmisi ACT, pengemudi harus tetap memindahkan tuas transmisi sesuai kebutuhan ketika berkendara.

Pedal gas dan rem Wuling Confero S ACT
Hanya tersedia 2 pedal yakni gas dan rem Wuling Confero S ACT

Proses perpindahan gigi pun terasa halus jika Anda memindahkan persneling di rpm rendah, di kisaran 1.800 - 2.500 rpm. Biasanya jika berada di rpm tinggi pun mobil akan memberikan indikator berupa nada peringatan, untuk mengingatkan Anda memindahkan tuas ke gigi lebih tinggi ataupun rendah tergantung kondisi mengemudi.

Baca juga: Wuling Confero S ACT, Bisa Oper Gigi Tanpa Injak Kopling Sob!

Sebagai informasi, peran pedal kopling di Confero S ACT digantikan oleh kontrol modul. “Pada dasarnya sama seperti mobil matik biasa. Saat berhenti, tidak di posisi netral juga tidak apa-apa. Karena kan pasti menginjak rem,” ujar Taufik S. Arief selaku After Sales Director Wuling Motors.

Kesimpulan ketika kami menguji mobil ini, kurang lebih serupa dengan model Confero S versi manual. Nah.. yang membedakan, kita tak perlu lagi repot untuk menginjak pedal kopling, terlebih ketika menghadapi jalan padat di perkotaan.

Rear Camera Parking
Rear Camera Parking

Fitur

Untuk menunjang keamanan serta kenyamanan saat berkendara, Wuling Confero S telah dilengkapi beragam fitur modern. Fitur terbaru yang paling baru sebagai bekal model ini adalah Emergency Stop Signal (ESS).

Selain itu, mobil ini pun didukung dengan sejumlah fitur keselamatan lainnya yang meliputi Dual SRS Airbags, Front & Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, ABS dan EBD, Immobilizer, Anti-Theft System, hingga Seat Belt lengkap hingga baris ketiga.

Sebagai nilai tambah, Wuling Confero S ACT dilengkapi dengan fasilitas pengisian daya baterai gadget via koneksi USB dari baris pertama hingga ketiga yang berada di bawah panel pengaturan AC, di belakang konsol boks dan kursi baris ketiga di bawah sandaran tangan.

Meski telah secara resmi diperkenalkan, dan memberikan kesempatan bagi awak media untuk menguji langsung mobil baru ini. Pihak Wuling Motors masih enggan membeberkan secara rinci terkait produk terbarunya itu.

Dikatakan mobil ini akan resmi meluncur bersamaan dengan perhelatan Telkomsel IIMS 2019 yang mulai digelar pada tanggal 25 April 2019.

Berikut spesifikasi singkatnya:

Tipe Mesin 4 silinder segaris DOHC, DVVT (Dual Variable Valve Timming
Kapasitas Mesin 1.485 cc
Tenaga Maksimum 107 dk / 5,800 rpm
Torsi Maksimum 142 Nm / 3,800 - 4,400 rpm
Dimensi P x L x T 4,530 x 1,691 x 1,730 mm
Jarak Sumbu Roda 2,720 mm
Radius Putar 5,5 m
Sistem Penggerak Rear Wheel Drive (RWD)
Ban 195/60 R15
Suspensi Depan - Belakang McPherson Strut Coil Spring - Coil Spring, Semi Independent
Rem Depan - Belakang Disc Brake
Tipe Transmisi 6-percepatan dengan e-clutch