POPULAR STORIES

General Motors Dan Samsung SDI Sepakat Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik

General Motors Dan Samsung SDI Sepakat Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik Ilustrasi Chevrolet Bolt EV (Foto: GM)

KabarOto.com - General Motors (GM) dan Samsung SDI sepakat untuk membuat perusahaan bersama, dengan membangun pabrik baterai kendaraan listrik di Amerika Serikat.

Kerjasama dua perusahaan ini, terungkap saat Presiden Korea Selatan, Yoon Suk Yeol berada di Washington untuk bertemu Presiden Joe Bide dalam kunjungan kenegaraan pertamanya di Amerika Serikat.

Baca Juga: Inilah Desain Calon Truk Pikap Masa Depan General Motors

Melalui pabrik baterai mobil listrik ini, GM ingin mendiversifikasi rantai pasokan baterainya dan mengamankan kapasitas komponen untuk mendukung tujuan elektrifikasinya untuk dapat bersaing dengan Tesla.

Ilustrasi baterai mobil listrik

Sebelumnya, GM dan LG Energy Solution telah membangun usaha patungan dan berinvestasi untuk meningkatkan produksi sel bataerai dalam negeri.

Baca Juga: GM Hentikan Produksi Chevrolet Bolt Listrik Akhir Tahun 2023

Adapun pabrik baterai dari usaha patungan GM dan LG Energy Solution yang berlokasi di Michigan saat ini sedang dalam tahap pembangunan dengan biaya pembangunan diperkirakan mencapai 2,6 miliar dolar AS. Pabrik tersebut rencananya akan dibuka tahun depan.

Sedangkan, untuk pabrik baterai GM dan Samsung SDI diprediksi akan menelan biaya pembangunan yang lebih tinggi. Namun, lokasi pabrik masih belum ditentukan.

GM sendiri sudah memproduksi 400.000 mobil listrik di Amerika Utara dari tahun 2022 hingga pertengahan 2024. Nantinya, jumlah produksinya akan ditingkatkan menjadi 1 juta unit per tahun pada 2025.