General Motors Ungkap Penyebab Kebakaran Chevrolet Bolt

General Motors Ungkap Penyebab Kebakaran Chevrolet Bolt

KabarOto.com – Terkait kebakaran yang terjadi pada Chevrolet Bolt, General Motors telah menemukan penyebabnya. Di mana, baterai mobil listrik ini menjadi akar permasalahannya.

Dengan begitu, pabrikan asal Amerika Serikat ini akan melanjutkan produksi baterai dengan langkah-langkah baru dan telah menyusun rencana tentang cara memperbaiki masalah terhadap Chevrolet Bolt yang sudah dikirim ke konsumen.

Sebelumnya, General Motors mengumumkan penarikan pada akhir Agustus yang akhirnya menyebabkan penghentian produksi Bolt karena berusaha memecahkan masalah. Kerusakan ini berasal dari dua hal, yakni “torn anode” dan “folded separator”.

Baca juga: Terjadi Lagi, Chevrolet Bolt Ditemukan Terbakar Di Garasi Pemilik

General Motors dan LG bekerjasama untuk meninjau dan meningkatkan kualitas baterai dengan memproduksi fasilitas produksi milik LG.

Selain itu, pabrik baterai LG juga akan menambah kapasitas untuk menyediakan lebih banyak sel baterai untuk GM dengan modul baterai pengganti, yang diharapkan dapat dikirim ke diler segera pada pertengahan Oktober.

General Motors mengatakan sedang memprioritaskan pelanggan Bolt EV dan EUV yang kendaraannya dibuat selama jangka waktu tertentu. Kemudian, pelanggan yang kendaraannya terkena dampak, akan disiapkan baterai penggantinya.

Baca juga: Chevrolet Bolt EV Dilarang Parkir Di Dekat Rumah Setelah Pengisian Ulang

“Kami berterima kasih atas kesabaran pemilik dan diler saat kami bekerja untuk memajukan solusi penarikan ini,” kata Doug Parks, Wakil Presiden Eksekutif GM.

General Motors juga membuat perangkat lunak diagnostik canggih baru yang akan meningkatkan parameter pengisian baterai yang tersedia di atas panduan yang ada. Perangkat lunak ini dirancang untuk menemukan anomali dalam kinerja baterai yang menurut GM terkait dengan cacat yang menyebabkan kebakaran.

“Melanjutkan produksi modul baterai adalah langkah pertama, kami dan LG akan terus bekerja untuk mendapatkan pasokan baterai tambahan. Selain itu, kami optimis perangkat lunak diagnostik canggih yang baru akan memberikan lebih banyak kemudahan bagi pelanggan kami,” pungkas Doug Parks.