Gerobak Listrik (Gelis) Bantu UMKM, Moeldoko: Kendaraan Listrik Jangan Dipersulit!

Gerobak Listrik (Gelis) Bantu UMKM, Moeldoko: Kendaraan Listrik Jangan Dipersulit!

KabarOto.com - Sany Yoedo selaku Deputy Marketing Director PT Solar Panel Indonesia (SPI) menegaskan bahwa pihaknya ingin membantu dan mendukung pelaku pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK) agar kembali bangkit dari pandemi Covid-19. Sebagai kendaraan listrik roda tiga, Gelis (gerobak listrik) diklaim pihaknya cocok untuk UMKM.

Sekadar info, Gelis merupakan salah satu pionir kendaraan niaga roda tiga berbasis listrik dan besutan Anak Bangsa. Saat ini, Gelis hadir sebagai salah satu pilihan kendaraan roda tiga bermotor listrik yang diklaim memiliki harga terjangkau dan berbiaya operasional yang ekonomis.

“Setidaknya ada harapan bahwa motor listrik Gelis ini dapat memberikan kontribusi pada UMKM dalam melakukan recovery di masa pandemi,” tuturnya di IEMS 2021, Kamis (25/11).

Tak hanya soal desain yang menurutnya begitu mendukung aktivitas niaga, benefit itu juga terletak dari penggunaan biaya bahan bakar yang lebih efisien. “Dengan menggunakan produk kami, biaya operasional dapat ditekan hingga 75% dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan bahan bakar konvesional (BBM). Selain itu, tentu saja PT SPI juga menawarkan after service dan garansi.”

Baca Juga: Bisa Test Drive, Gelis Pamer 5 Kendaraan Listrik Di IEMS 2021

Gelis diklaim sebagai gerobak bertenaga listrik pertama di Indonesia. Saat ini sudah ada beberapa varian produk Gelis. Gelis 300 memiliki enam varian, yaitu Gelis Light Metal, Gelis Retro, Gelis Garb, Gelis Pick up, Gelis Chassis dan Gelis Cargo.

Secara keseluruhan ada delapan model utama dari Gelis, termasuk produk terbaru “All New Gelis" varian cargo dan pickup. Produk Gelis dibanderol dengan harga mulai Rp20 juta hingga Rp50 juta.

Solar Panel Indonesia telah membangun pabrik di wilayah Cikeas, Jawa Barat pada 2020 dengan kapasitas produksi mencapai 2.000 unit per tahun. Hal ini untuk mendukung ekspansi Gelis ke seluruh wilayah Indonesia.

Perusahaan juga memiliki 12 diler Gelis yang tersebar di wilayah Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Surabaya, Malang, Yogyakarta, Batam, sampai di Pulau Bali. “Gelis segera membuka diler lebih banyak sehingga dapat membantu pelaku UMKM di seluruh wilayah Indonesia,” tutur Sany.

Baca Juga: Ingin Terus Sejahterakan UMKM, Motoran Teros Inisiasi Riding Perdana Pasca PPKM Di Tangerang Raya

Dalam sambutannya, Kepala KSP Moeldoko menjelaskan bahwa Presiden Joko Widodo telah menegaskan soal transisi energi fosil ke energi baru dan terbarukan yang tidak bisa ditunda lagi dan harus disusun dalam rencana matang dan detail soal alur waktu yang lebih jelas.

“Presiden menyampaikan bahwa electric vehicle tidak bisa ditawar lagi. Kesempatan untuk investasi ekosistem kendaraan listrik dibuka selebar-lebarnya, jangan dipersulit. Transisi energi menjadi keharusan, sehingga harus diperkuat pondasi sebaik-baiknya. Kendaraan listrik tidak bisa ditunda. Jangan sampai kita terlena lagi, ketinggalan lagi sehingga hanya menjadi penonton dan hanya menjadi pasar. Semoga IEMS 2021 memberi semangat untuk bergerak cepat,” tegas Moeldoko.