GM Ajukan Izin Operasional Mobil Swakemudi

Ballian Siregar
Ballian Siregar 13 Jan 2018 - 15:03
GM Ajukan Izin Operasional Mobil Swakemudi
General Motors ajukan izin operasional mobil swakemudi.(nasdaq.com)

KabarOto.com - General Motors mengumumkan telah meminta persetujuan Departemen Perhubungan Amerika Serikat selaku regulator untuk bisa mengoperasikan kendaraan otonom tanpa setir dan pedal di jalan raya.

Jika Departemen Perhubungan mengeluarkan izin tersebut, mobil swakemudi yang diberi nama Cruise AV itu akan berjalan tanpa campur tangan manusia.

Baca Juga: Nissan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir di Tokyo

Produsen mobil Amerika Serikat itu menggambarkan, kendaraan swakemudi itu dalam kondisi siap produksi. Sejak awal, mobil ini dirancang tanpa campur tangan manusia alias otonom.

Video diiringi musik jazz memamerkan model baru kendaraan listrik, Chevrolet Bolt, tanpa lingkar setir yang umumnya terdapat di bagian depan.

Cruise AV dipamerkan di Detroit Auto Show 2018 yang berlangsung 14-29 Januari ini. ""Kami meminta persetujuan agar mobil ini bisa beroperasi di jalan raya mulai 2019," kata juru bicara GM, Stephanie Rice, Sabtu (13/1/2018).

Sekretaris Transportasi, Elaine Chao, yang merancang peraturan mengemudi otonom, dijadwalkan tampil di Detroit Auto Show 2018, Minggu nanti.