POPULAR STORIES

Goodyear Akusisi Saham Ban Cooper

Goodyear Akusisi Saham Ban Cooper

KabarOto.com – Dua pabrikan ban The Goodyear Tire & Rubber Company dan Cooper Tire & Rubber Company telah menandatangani perjanjian transaksi definitif di mana Goodyear akan mengakuisisi Cooper dengan total nilai perusahaan sekitar $ 2,5 miliar.

Transaksi ini diklaim akan memperluas posisi tawar produk Goodyear di pasar dengan menggabungkan dua portofolio merek komplementer. Perusahaan gabungan tersebut akan memiliki nilai sekitar $ 17,5 miliar dalam penjualan pro forma 2019.

Baca Juga : Amankah Ban Motor Baru Yang Tidak Dibungkus Plastik?

Berdasarkan ketentuan transaksi yang telah disetujui oleh Dewan Direksi kedua perusahaan, pemegang saham Cooper akan menerima $ 41,75 per saham tunai dan rasio pertukaran tetap 0,907 saham biasa Goodyear, per saham Cooper dengan nilai ekuitas total sekitar $ 2,8 miliar.

Berdasarkan harga penutupan saham Goodyear pada tanggal 19 Februari 2021, hari perdagangan terakhir sebelum pengumuman, kas tersirat dan pertimbangan saham yang akan diterima oleh pemegang saham Cooper adalah $ 54,36 per saham, mewakili premi sebesar 24% dari harga penutupan saham Cooper pada tanggal 19 Februari 2021, dan premi sebesar 36% dari harga rata-rata tertimbang volume Cooper selama 30 hari pada penutupan tanggal 19 Februari 2021.

Baca Juga : Cara IRC Beri Informasi Seputar Ban Ke Konsumen, Patut Ditiru

Setelah penutupan transaksi, pemegang saham Goodyear akan memiliki sekitar 84% dari gabungan perusahaan, dan pemegang saham Cooper akan memiliki sekitar 16%.

Richard J. Kramer, Ketua, CEO, dan Presiden Goodyear mengatakan, “Penambahan portofolio produk ban komplementer Cooper dengan aset manufaktur berkemampuan tinggi, ditambah dengan teknologi dan industri Goodyear memimpin distribusi, memberikan peluang perusahaan gabungan untuk meningkatkan efisiensi biaya dan penawaran yang lebih luas untuk jaringan pengecer kedua perusahaan.”