POPULAR STORIES

Gunakan Bahan Bakar Hidrogen, Honda CR-V FCEV Meluncur Tahun Ini

Gunakan Bahan Bakar Hidrogen, Honda CR-V FCEV Meluncur Tahun Ini Foto : Carscoops

KabarOto.com - Siap melakukan debut tahun ini, Honda secara resmi menerbitkan video pendek CR-V FCEV di media sosial. Meski masih ditutupi kamuflase, mobil berbahan bakar hidrogen ini menunjukkan fungsionalitas ekstra karena memiliki baterai.

Seperti dilansir Carscoops, Jumat (06/02), Honda CR-V FCEV akan menjadi kendaraan produksi pertama di Amerika Utara yang menggabungkan paket baterai dengan powertrain sel bahan bakar hidrogen. Kehadiran baterai membuat SUV tersebut dapat diisi daya layaknya kendaraan EV apabila tidak menempukan pompa hidrogen ketika berkendara.

Baca Juga : Honda dan General Motor Sepakat Bangun Unit Daya Berbahan Bakar Hidrogen

Hal ini juga mengurangi ketergantungan pemilik kendaraan terhadap jaringan pengisian bahan bakar hidrogen yang cukup terbatas. Selain itu, fitur pengisian daya dua arah memungkinkan pemilik menggunakan daya baterai untuk memberi daya pada perangkat elektronik lainnya, seperti mesin pembuat kopi.

Meski hadir sebagai kendaraan ramah lingkungan, Honda belum mengumumkan kapasitas baterai atau ukuran tangki hidrogen pada mobil terbarunya. Hal ini membuat jarak tempuh yang bisa dicapai masih menjadi rahasia.

Menggunakan powertrain yang dikembangkan dengan General Motors, mobil ini kabarnya akan berharga lebih mahal dibandingkan Honda Clarity Fuel Cell karena memiliki jarak tempuh lebih maksimal.

Secara visual, Honda CR-V didesain ulang dengan gril lebih ramping dan intake bumper lebih besar, sehingga berbeda dengan CR-V bertenaga bensin. Perubahan lain pada kendaraan termasuk penambahan port pengisian daya di spatbor depan dan cluster lampu belakang transparan.

Baca Juga : Yamaha Buat Mobil Golf Bertenaga Hidrogen

Sebagai informasi, Honda CR-V FCEV akan diproduksi di pabrik Marysville di Ohio, Amerika Serikat. Kemudian selain Amerika Utara, SUV tersebut juga akan ditawarkan di pasar Jepang.

Sekadar mengingatkan, satu-satunya model FCEV yang saat ini dijual adalah sedan Toyota Mirai dan SUV Hyundai Nexo. Terdapat juga BMW iX5 Hydrogen yang menggunakan teknologi Toyota, namun hanya tersedia sebagai bagian dari program armada percontohan global.