POPULAR STORIES

H Andy Surya Santosa Juara Rally Dan Balap Mobil 2023, Bagikan Ceritanya Di IIMS 2024

H Andy Surya Santosa Juara Rally dan Balap Mobil 2023, Bagikan Ceritanya di IIMS 2024 H Andy Surya Santosa Juara Rally dan Balap Mobil 2023, Bagikan Ceritanya di IIMS 2024 (Kipli/ H Andy Surya Santosa)

KabarOto.com - H Andy Surya Santosa, yang merupakan andalan Gazpoll Racing Team berhasil meraih juara nasional di rally dan juara umum di balap mobil ISSOM. Hal tersebut menjadi perbincangan di Talk Show Motorsport IIMS 2024, JI EXpo Kemayoran, Jakarta, (18/02).

"Alhamdulilah, tahun lalu bisa menjadi juara di keduanya rally dan balap mobil. Rally juara nasional di Group R, sedangkan di balap mobil ISSOM menjadi juara umum kelas Indonesia Retro Car C2," ungkapnya saat menjadi narasumber pada Talk Show Motorsport di IIMS 2024.

Baca Juga: Jadi Sponsor Utama IIMS 2024, Ada Program Sobat Untuk Tukar Tambah Kendaraan

Tidak sendiri, pada Talk Show tersebut H Andy Surya Santosa didampingi Iwan Aziz selaku manajer. Iwan menggantikan posisi Nugraha Hadinata selaku co-driver yang berhalangan hadir karena sakit.

H Andy Surya Santosa menambahkan bahwa baik rally maupun balap mobil memiliki tingkat keseruan sendiri-sendiri.

"Kalau rally, kita mesti percaya dengan co-driver. Sedangkan untuk balap mobil, ya mesti percaya diri sendiri, harus hafal dengan lay out sirkuit agar bisa meraih hasil terbaik," terang bos sebuah perusahaan ekspedisi global tersebut.

Bedanya lagi, rally distart sendiri-sendiri. Sedangkan balap mobil balapannya ramai-ramai dengan pembalap lain, atau secara head to head.

"Sebenarnya tidak hanya rally dan balap mobil, saya juga turun di speed offroad. Namun tahun lalu, fokus di rally dan balap mobil. Kalau ditanya suka mana, terus terang rally. Karena menurut saya lebih menantang. Balapannya lebih dari 100 km hehe," buka Andy Surya Santosa.

Saat balapan di ajang rally, lanjut H Andy Surya Santosa menikmati semuanya. "Dari ngebut yang Enggak ada ujungnya di tengah hutan, ban pecah, trouble engine, semua saya nikmati. Karena ini bagian tantangan yang saya sukai," paparnya.

H Andy Surya Santosa juga merasa bangga karena telah menyandang gelar sebagai "Haji Toba".

Baca Juga: Program Motor Listrik Polytron Untuk Konsumen Selama IIMS 2024

"Jadi, di kalangan komunitas rally, ada dua kategori. Pertama, perally yang lulus mengikuti Danau Toba Rally dengan SS (Special Stage) yang juga pernah digunakan untuk WRC (World Rally Championship) 1996, dijuluki dengan Haji Toba karena tingkat kesulitan yang tinggi. Sedangkan yang mengikuti rally di tempat lain, disebutkan masih umroh hehe," terangnya.

Karena sudah menjadi juara nasional kelas R di rally dan C2 Indonesia Retro Car di ISSOM, rencananya tahun depan akan naik level.

"Tapi naik ke kelas apa, saya belum bisa announce sekarang. Tunggu kejutan berikutnya," tutupnya.