POPULAR STORIES

Haka Motor Akan Terima Pesanan Mulai 2024, Pamer 3 Kendaraan Di PEVS 2022

Haka Motor Akan Terima Pesanan Mulai 2024, Pamer 3 Kendaraan di PEVS 2022 Dok : Deddy KabarOto

KabarOto.com – Peralihan dari kendaraan mesin konventional ke listrik mulai terasa di Indonesia. Beberapa pabrikan baik dari luar maupun dalam negeri berlomba untuk menciptakan inovasi kendaraan listrik masa depan.

Pengenalan kendaraan listrik ini juga hadir di Periklindo Electric Vehicle Show 2022. Salah satu produsen mobil listrik dalam negeri yang meramaikan di acara tersebut adalah Haka Motor.

Mereka langsung membawa tiga konsep yakni Trolis, Erolis, dan Smuth yang nantinya akan masuk jalur produksi massal pada 2024 mendatang.

1. Trolis

Untuk Trolis merupakan kasta terendah dari Haka Motor, konsepnya seperti Bajaj menggunakan tiga roda, dengan kapasitas penumpang hingga tiga orang dewasa di belakang, dan kargo hingga 300 kg.

Baca juga: Tampil Di PEVS 2022, Wuling Air Ev Sudah Bisa Dipesan

Kendaraan ini hadir dengan motor 2 KW dan baterai 7,6 kWh 72 volt. Mampu digeber hingga kecepatan 50 kpj, lalu pengecasan dari 0-100% hanya butuh waktu empat jam, serta jarak tempuh mencapai 150 km.

2. Erolis

Selanjutnya ada Erolis yang lebih mirip citycar, sehingga bisa memuat kapasitas lima penumpang termasuk pengemudi, dan Kapasitas kargo hingga 350 kg, serta nantinya kemungkinan bisa disematkan seperti AC.

“Di sini juga kita pakai pintu model sliding karena menurut kami bila mobil masuk jalan sempit dan sebagainya, akses menggunakan pintu model ini lebih mudah dan tidak banyak ruang,” jelas Faisal selaku Mechanical Design Engineer.

Dengan kapasitas motor lebih besar yakni 4 KW, Erolis bisa mencapai kecepatan lebih tinggi yakni 60 kpj, dengan jarak tempuh 150 km sekali pengisian.

Baca Juga : Targetkan Pasar Pemerintahan, Nozomi Elektra Dijual Rp60 Jutaan Di PEVS 2022

Lalu ada versi bak terbuka single cabin yang dinamakan Smuth, dengan kapasitas dua penumpang dan kargo yang bisa mengangkut sampai 600 kg. “Nantinya juga kita ada rencana untuk membuat versi double cabinnya,” ujarnya.

3. Smuth

Berbeda dengan dua kendaraan lainnya, versi ini memiliki kapasitas motor 7,5 KW dan baterai 15,4 kWh 72 volt. Kecepatan tertinggi bisa mencapai 70 kpj dan jarak tempuh hingga 175 km.

Pemesanan baru bisa dilakukan pada 2024, karena masih konsep Haka Motor memperkirakan banderol Trolis sekitar Rp 60 jutaan, Erolis Rp 85-95 jutaan, dan termahal Smuth Rp 145-155 jutaan.