POPULAR STORIES

Halangi Lando Norris Saat Kualifikasi, Charles Leclerc Diganjar Penalti 3 Grid Di F1 Monako 2023

Halangi Lando Norris Saat Kualifikasi, Charles Leclerc Diganjar Penalti 3 Grid di F1 Monako 2023 Foto : F1.

KabarOto.com - Kurang beruntung bagi Charles Leclerc (Scuderia Ferrari), sebab pembalap tuan rumah itu terkena penalti 3 grid akibat dianggap menghalangi Lando Norris (McLaren) saat sesi kualifikasi F1 Monako 2023.

Leclerc berhasil meraih ke posisi start ketiga, di belakang Max Verstappen (Red Bull Racing) dan Fernando Alonso (Aston Martin), tetapi ia turun ke posisi keenam, dan membuat posisi Esteban Ocon (Alpine) naik jadi ketiga, rekan setimnya Carlos Sainz keempat, dan Lewis Hamilton (Mercedes AMG Petronas) menjadi kelima.

Dalam investigasi pasca kualifikasi, mencakup diskusi dengan kedua pembalap terlibat, tinjauan menyeluruh terhadap data, rekaman video, dan pesan radio, para steward memutuskan bahwa Leclerc telah menghalangi Norris selama sesi kualifikasi tiga.

Baca Juga : F1 Monako 2023, Max Verstappen Raih Pole Position

Salah satu faktor utama lainnya adalah keterlambatan informasi dari tim sebelum Leclerc memasuki terowongan. "Steward percaya bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan Leclerc sebelum terowongan untuk menghindari halangan seandainya dia menerima peringatan dari tim pada waktu yang tepat," bunyi pernyataan Steward.

"Saya rasa dia sudah melakukan apa yang dia bisa. Tapi ketika Anda mendengarkan radio tim, mereka hanya memberitahu tentang lap Verstappen dan memberinya pembaruan langsung, daripada berkonsentrasi pada siapa di belakangnya, itulah yang terjadi," tambah Norris.

Starting Grid F1 Monako 2023 :