POPULAR STORIES

Hankook Rilis Ban Khusus Mobil Listrik, Apa Keunggulannya?

 Hankook Rilis Ban Khusus Mobil Listrik, Apa Keunggulannya? Ban Hankook iON (Foto: Sigit/KabarOto)

KabarOto.com - Merek ban asal Korea Selatan, Hankook merilis ban khusus untuk mobil listrik bernama iON, dan bisa digunakan untuk Hyundai Ioniq 5, BMW dan Tesla.

Hankook iON diklaim memiliki keunggulan menimalisir kebisingan, jarak tempuh, cengkraman dan masa pakai lebih lama. Dua fitur turunan, EVolution Technology fokus pada keausan tapak dan peningkatan daya cengkeraman, sedangkan Sound Absorber fokus untuk mengurangi kebisingan.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan dengan penggunaan ban reguler pada kendaraan listrik, iON diklaim dapat mengurangi tingkat kebisingan hingga 18% dan 15% masa pakai lebih lama.

Baca Juga: Hankook Rilis Tiga Ban Baru, Salah Satunya Khusus Untuk Mobil Listrik

Bentuk tapak ban Hankook iON

Hankook iON tersedia dalam 5 ukuran mulai dari 19 hingga 22 inci, lebar 235-285 mm, rasio aspek dari 35-55 dan indeks kecepatan W hingga Y. Ban ini terdiri dari dua patern, yakni iON evo dan iON evo SUV.

Sebagai informasi, mobil listrik diketahui memiliki bobot lebih berat dikarenakan adanyan baterai, sehingga dibutuhkan ban khusus yang dapat menopang beban dengan sesuai. Teknologi yang digunakan terinspirasi dari Hankook iON Race yang menjadi ban resmi dalam kejuaraan balap Formula E.

Baca Juga: Hankook Dan Kumho Sepakat Bikin Ban Ramah Lingkungan

iON evo memiliki resistansi gulungan rendah yang dibutuhkan setiap kendaraan listrik untuk meningkatkan efisiensi energi, dan memperpanjang jarak tempuh.

Soal harga, Hankook iON dibanderol Rp 4-7 jutaan. Ban ini diproduksi di Hungaria, dan akan tersedia pada bulan Desember 2023.