Hans Zimmer Kreator Di Balik Suara EV BMW

Hans Zimmer Kreator di Balik Suara EV BMW

KabarOto.com – Zaman sudah mulai beralih ke kendaraan listrik atau EV (electric vehicle). Namun tanpa adanya proses pembakaran, tentu EV tidak memiliki suara seperti mesin biasanya. Satu-satunya cara hanya dengan manipulasi suara selayaknya mesin.

Hal ini dilakukan oleh BMW untuk line up kendaraan listriknya. Tidak main-main pabrikan Jerman juga telah melakukan kerja sama dengan komposer terkenal Hans Zimmer demi menciptakan suara buatan untuk BMW Seri M.

Baca juga: BMW Seri 8 Gran Coupe Collector’s Editon, Khusus Untuk Pasar Jepang

Hans Zimmer bukan nama baru di dunia komposer, ia pernah memenangkan beberapa Academy Awards selama karirnya dan telah membuat soundtrack dari beberapa film terkenal seperti The Lion King, Mission Impossible II, Inception, The Da Vinci Code, hingga Pirates of the Caribbean.

Komposer tersebut akan bekerja sama dengan Renzo Vitale, direktur kreatif suara BMW Group, “Setiap BMW memiliki kepribadiannya sendiri dan itu tercermin dalam suaranya. Kami telah menciptakan serangkaian suara mengemudi yang menonjolkan emosi di belakang kemudi dan menyatukan ide ledakan dan aliran energi,” ungkap Hans.

Baca juga: Demi Penuhi Target, BMW Produksi Baterai Mobil Listrik

BMW M pertama dengan suara artifisial adalah BMW i4 M50 atau jajaran teratas dari BMW seri 4 listrik. Uniknya mobil akan memiliki suara yang berbeda sesuai mode mengemudi. Misalnya saat mode Comfort, nada dihasilkan akan senyap.

Namun ketika berada pada mode Sport, suaranya tentu akan lebih meraung dan seperti mobil kencang. Begitu pula dengan mode lainnya, suara akan menyesuaikan. Suara buatan tersebut juga bakal hadir untuk BMW iX dan pada semua model M.