Hanya 'Sentuh' ECU, ABT Sportsline Bikin Tenaga Audi RS Q3 Melonjak

Hanya 'Sentuh' ECU, ABT Sportsline Bikin Tenaga Audi RS Q3 Melonjak Audi RS Q3 ABT (ABT)

KabarOto.com - Bila dilihat, Audi Q3 generasi kedua khususnya dari varian RS punya desain yang sangat menarik, serta performa mesin bertenaga besar. Namun, ada saja pemilik yang kurang puas dengan kondisi standar.

Guna mengkomodir kebutuhan pelanggan spesialnya tersebut, rumah modifikasi ABT Sportsline telah memperkenalkan perangkat peningkat tenaga mesin, yang dibuat untuk Audi RS Q3 terbaru.

Baca Juga: Cek Persiapan New Normal, Presiden Jokowi Naik Mobil Baru Ke Bekasi?

Dalam kondisi standar, mesin 4 silinder TFSI RS Q3 berkapasitas 2.500 cc, mampu menghasilkan tenaga hingga 400 dk dan torsi 480 Nm. Tenaga ini jauh lebih rendah, bila dibandingkan mesin 4 silinder DOHN turbo berkapasitas 2.000 cc bertenaga 421 dk dan torsi 500 Nm pada Mercedes-Benz GLA.

Kini, di tangan ABT tenaga Audi RS Q3 meningkat hingga 440 dk dan torsi 520 Nm, melampaui GLA AMG. Tenaga yang melonjak drastis itu, berkat racikan ABT dengan memasang ECU yang dirancang khusus.

Tenaga jauh meningkat

Tenaga yang meningkat itu, memungkinkan Sport Utility Vehicle (SUV) tersebut dapat berakselerasi dari 0-100 kpj dalam waktu 4,3 detik.

"Catatan waktunya 0,2 detik lebih cepat dari pengaturan pabrik, dan kecepatan tertinggi adalah 285 kpj, lebih cepat 5 kpj dari pabrik," jelas ABT.

Meski tenaganya meningkat, namun ABT yang bermarkas di Jerman tersebut masih mempercayakan transmisi dual clucth Stronic tujuh percepatan yang menjadi bawaan Audi RS Q3. Pun halnya dengan sistem penggerak quattro, yang tidak tersentuh modifikasi sama sekali.

Ada empat pilihan pelek

Semakin menyempurnakan kesan sporty, ABT Sportsline memberikan pilihan empat desain pelek yang menarik. Canggihnya, bobot pelek tersebut diklaim lebih ringan dari bawaan pabrik. Ukurannya pun tersedia mulai dari 20-21 inci.

Baca Juga: Ini 5 Mobil Mewah Dengan Harga Paling Mahal Di Dunia

Bagian belakang terlihat sporty

Pada bagian dalam atau interior, juga tidak ada perubahan yang telah dibuat, kecuali penambahan tombol push-start buatan ABT.

Namun bila pemilik tetap ingin merasakan aura sporty, Audi sebenarnya menyediakan kursi tipe sport secara opsional, yang dibalut kulit Nappa.