POPULAR STORIES

Hardened Rubber, Polyurethane Atau Pillow Ball? Ini Kegunaannya Masing-masing

Hardened Rubber, Polyurethane Atau Pillow Ball? Ini Kegunaannya Masing-masing Foto: Kipli

KabarOto.com - Memilih piranti untuk digunakan kendaraan harus sesuai dengan peruntukannya. Salah pilih, mobil bisa jadi tak nyaman digunakan dan jadi buang-buang waktu juga biaya. Nah, urusan karet pada kaki-kaki, harus dipertimbangkan dulu pemilihannya agar tepat guna.

Misalnya, mobil balap sirkuit tentu saja punya peruntukan yang berbeda dengan mobil yang masih dikemudikan sehari-hari.

"Hardened rubber itu karet dengan tipikal keras namun fleksibel untuk mobil street car atau trackday yang masih ingin bisa dibawa harian," ujar Yudhistira Maranatha dari Engineplus Motorsports.

Baca Juga: Ini Keuntungan Pakai Suspensi Aftermarket

Berbeda karakteristik dengan hardened rubber, polyurethane (PU) memiliki material yang lebih kaku, cenderung rigid dan keras.

"Nah, biasanya PU itu buat pengganti karet-karet di mobil balap seperti engine mounting dan lainnya, namun kekurangannya ya enggak tahan panas dan perubahan iklim, juga kalau dibawa harian pastinya getarannya terasa dimana-mana," imbuh Yudhis, sapaan akrabnya.

Jadi pilihan paling digemari banyak pembalap yakni pillow ball. Karakternya rigid, relatif lebih tahan 'siksa' ketika balap.

"Pasti pernah lihat mobil balap yang bisa belok kencang di tikungan dengan sempurna, nah salah satu part yang membantu ya pillow ball itu, biasanya pengganti karet di bushing, suspensi, engine mounting dan lainnya," ujar pria berkacamata itu.

Baca juga: Ini Suku Cadang Paling Dicari Saat Pandemik Covid-19

Bicara balap, Yudhis mengklaim pillow ball memang jadi solusi ciamik untuk pengganti karet standar di kaki-kaki mobil.

"Pillow ball merek ternama biasanya bahkan berani kasih garansi 1 tahun pemakaian, dia (pillow ball) yang bagus pun sudah pakai dust cover, jadi mencegah kemungkinan untuk dimasuki debu dan kotoran lainnya yang biasanya bikin baret dan cepat rusak ketika bekerja," rinci penggeber Toyota Starlet turbocharger itu.

Ada harga, ada rupa. Jadi Sobat KabarOto sudah enggak bingung tentukan pilihan, kan?