POPULAR STORIES

Ini Keuntungan Pakai Suspensi Aftermarket

Ini Keuntungan Pakai Suspensi Aftermarket Foto: Kipli

KabarOto.com - Membuat kaki-kaki mobil enak dan proper salah satu pilihannya dengan aplikasi sokbreker dan pegas aftermarket, selain beberapa komponen lebih terjangkau dari segi harga ketimbang OEM, pilihannya pun lebih bervariatif.

"Contohnya saja seperti merek Showa atau Tokico dengan kisaran harga Rp 2 juta hingga Rp 3 jutaan untuk sepasang pegas depan-belakang yang jadi alternatif,” terang Herry Liu pemilik bengkel Bandar Per di bilangan Cikokol, Tangerang.

Ia pun menambahkan bahwa keuntungan menggunakan peredam kejut aftermarket lainnya adalah sebagai alternatif selain merek OEM yang cenderung lebih mudah dan menguntungkan dari segi klaim serta garansi.

Herry, sapaan akrabnya bilang merek Tokico dengan garansi 20 ribu km atau satu tahun, sedangkan merek Kayaba jenis Premium dan Ultra yang notabene-nya berada dibawah naungan Astra Otoparts memberikan garansi 3 bulan serta proses klaim yang relatif lama jika terjadi kerusakan.

Baca Juga: Ikuti Cara Ini Agar Suspensi Motor Berumur Panjang

Varian pegas, Herry merekomendasikan beberapa merek lokal yang menurutnya memiliki kualitas baik serta telah teruji,

“Biasanya yang doyan mobil pendek familiar dengan 3 cara ini, yaitu potong pegas, custom dengan cara ‘kanibal’ pegas mobil lain, dan aplikasi lowering kit, saya pribadi lebih menyarankan cara nomor 2 dan 3 untuk kenyamanan dan keamanan berkendara namun tetap bisa gaya,” sebut pria yang doyan nge-gym ini.

Pilihan pegas lokal berkualitas yang dimaksud adalah merek APM, SHRC, serta SBM yang memiliki harga di kisaran Rp 1,5 juta hingga Rp 1,7 juta untuk mobil seperti Toyota Kijang Innova.

Nah, kalau masih ragu dengan merek lokal, pria berlengan kekar ini juga punya alternatif merek impor seperti Eibach, Tanabe, H&R, atau Tein.

"Merek impor tersebut memiliki banderol 2 kali lipat dari harga pegas lokal yakni sekitar Rp 3,1 juta untuk mobil seperti Kijang Innova," tutupnya.