POPULAR STORIES

Harga Toyota BZ4X Di Indonesia Lebih Mahal Dari Jepang Dan Thailand, Ini Jawaban TAM

Harga Toyota bZ4X di Indonesia Lebih Mahal dari Jepang dan Thailand, Ini Jawaban TAM Peluncuran Toyota bZ4X di Indonesia (Foto: Sigit/Kabaroto)

KabarOto.com - Toyota bZ4X resmi dipasarkan di Indonesia, harganya Rp 1,190 miliar (OTR) DKI Jakarta. Mobil listrik ini didatangkan langsung dari Jepang dengan status Completely Built Up (CBU).

Jika dibandingkan dengan negara lain, harga jual di Indonesia terbilang cukup mahal. Di Jepang, Toyota bZ4X dibanderol JPY 6 juta atau sekitar Rp 669 juta, sedangkan tipe 4WD JPY 6,5 juta, atau sekitar Rp 725 juta.

Sementara itu, Toyota bZ4X versi Thailand dibanderol 1.715.888 Baht atau sekitar Rp 738 juta, sudah termasuk subsidi dari pemerintah.

Baca juga : Sampai Akhir 2022, TAM Dapat Jatah 40 Unit All New Toyota BZ4X

Toyota bZ4X

Menanggapi hal tersebut, Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto menjelaskan bahwa, harga mobil listrik Toyota bZ4X di Indonesia sudah mempertimbangkan banyak aspek, termasuk kondisi pasar mobil listrik nasional. "Ketika setting harga, pasti memperhatikan banyak hal," terang Henry beberapa waktu lalu."

Henry menambahkan, harga Toyota bZ4X akan bertahan hingga tahun depan. Dia menilai percuma, jika saat ini harga lebih rendah namun tiba-tiba naik pada tahun depan.

"Penetapan harga Toyota bZ4X untuk menghindari lonjakan yang akan terjadi pada Januari 2023," tambahnya. Lonjakan harga mobil muncul karena beberapa hal, seperti kenaikan harga material dan nilai dolar AS yang menguat.

Baca juga : PT TAM Beri Garansi 8 Tahun Untuk Baterai Toyota BZ4X

Sebagai informasi, PT Toyota-Astra Motor (TAM) sampai akhir tahun 2022 mendapat jatah 40 unit untuk Toyota bZ4X. Seluruhnya akan digunakan untuk mendukung KTT G20 di Bali.

Setelah digunakan, unit Toyota bZ4X di Bali akan dijual untuk konsumen Indonesia. TAM akan memasarkan melalui program Kinto, dan instansi pemerintah.