Hasil Kualifikasi MotoGP Jerman 2021: Johann Zarco Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Jerman 2021: Johann Zarco Raih Pole Position Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Pramac Ducati, Johann Zarco, berhak mendapat Pole Position di MotoGP Jerman 2021, pada hari Minggu (20/6). Setelah memberikan kejutan di sesi kualifikasi, Sabtu (19/6), menjadi pembalap tercepat. Joki asal Prancis ini bukukan waktu 1:20,236 detik, padahal sempat ada drama di penghujung kualifikasi dirinya terlempar dari Ducati tunggangannya.

Adapun di posisi dua pembalap tecepat ada Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha), hanya terpaut tipis 0,016 detik. Sedangkan posisi tiga ditempati pembalap Aprilia Racing Team Gresini yakni Aleix Espargaro, bubuhkan waktu 1:20,447 detik.

Baca Juga : Tim Ducati Yakin Bisa Raih Podium Di MotoGP Jerman 2021

Zarco di Parc Ferme dengan racing suit lusuh akibat terjatuh mengatakan baik-baik saja dan bahkan senang hari ini bisa raih Pole Position ke-6 sepanjang karir di kelas MotoGP.

"Saya cukup terkendala dengan masalah ban. Pada sesi Q1 saya tidak memakai ban itu, tetapi di sesi akhir saya pakai ban tersebut dan saya bisa bisa mencatat waktu tercepat. Saat mencoba untuk melebihi batas saya akhirnya saya terjatuh di tikungan 5. Walau terjatuh saya baik-baik saja dan senang,” ungkap Zarco.

"Ini adalah sirkuit yang sulit bagi Ducati dan saya sendiri, tapi potensi motor sangat tinggi yang membuat kita raih hasil bagus," ujar Zarco.

Pembalap yang 16 Juli mendatang akan berusia 31 tahun tersebut, mengakui harus menjaga ritme agar kompon ban tidak tergerus habis. "Namun start dari Pole Position tentunya akan menjadi pertolong ekstra."

“Iya hari ini cukup sulit, feeling saya hari ini tidak terlalu baik. Selama akhir pekan ini kami sedikit berusaha keras. Saya dapat hasil yang cukup baik di lap kedua dan saya sudah memberikan yang terbaik hari ini. Jadi, saya cukup senang hari ini dan berusaha untuk tampil baik untuk balapan besok,” ungkap Fabio Quartararo.

Yup, persiapan balap hadapi MotoGP Jerman ini bagi Quartararo tidak semulus yang diharapkan. Beberapa kendala yang membuatnya tidak puas dengan performa motor, "Sama dengan pembalap Yamaha lainnya."

"Nantinya kita akan mencoba segala kemampuan untuk start di balapan. Berharap laju motor bagus, jadi kita lihat akan seperti apa,: tegas pemilik motor bernomor 20 ini.

Baca Juga : Sirkuit Sachsenring Bisa Untungkan Marc Marquez, Siap Raih Podium?

“Saya sangat senang hari ini, terima kasih kepada semua yang telah mendukung saya termasuk tim Aprilia. Cukup sulit untuk melawan yang lainnya menjelang sesi Q2 berakhir. Secara bertahap kami bisa memberikan yang terbaik,” ungkap Aleix Espargaro.

Jack Miller (Ducati Lenovo) juga gagal merebut pole position usai ada drama yellow flag di detik-detik akhir hanya bisa mengantarkannya di urutan ke-4 menggunguli Marquez.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Jerman 2021 :

1.Johann Zarco (Pramac Racing) 1:20,236 detik

2.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +0,011 detik

3.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +0,211 detik

4.Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,272 detik

5.Marc Marquez (Repsol Honda) +0,331 detik

6.Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +0,353 detik

7.Jorge Martin (Pramac Racing) +0,381 detik

8.Pol Espargaro (Repsol Honda) +0,423 detik

9.Takaaki Nakagami (LCR Honda) +0,574 detik

10.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +0,575 detik

11.Alex Rins (Suzuki Ecstar) +0,713 detik

12.Alex Marquez (LCR Honda) +0,899 detik