Hasil Kualifikasi MotoGP Prancis 2021: Habis Operasi, Fabio Quartararo Raih Pole Position

Hasil Kualifikasi MotoGP Prancis 2021: Habis Operasi, Fabio Quartararo Raih Pole Position

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha akan start di MotoGP Prancis 2021 di posisi terdepan yakni 1-2. Adapun berkat Fabio Quartararo, berhasil meraih Pole Position MotoGP Prancis 2021 usai menjadi yang tercepat di sesi kualifikasi kedua di Sirkuit Bugatti Le Mans, Sabtu (15/5).

Quartararo torehkan catatan waktu 1:32,600 detik, sedangkan posisi dua Maverick Vinales bukukan waktu 1:32,681 detik. Sepertinya kondisi Quartararo di sirkuit sepanjang 4.185 meter ini sudah pulih pasca operasi arm pump pada 4 Mei lalu usai hasil jeblok di MotoGP Jerez.

Baca Juga : Jelang MotoGP Prancis 2021: 2 Pembalap Tuan Rumah Tercepat Di FP2

fabio quartararo dan maverick vinales motogp prancis 2021
Posisi start 1-2 di MotoGP Prancis 2021

Sesi latihan dijalani para pembalap hadapi lintasan yang diguyur hujan, bahkan sejak Jumat lalu. Di sesi Q2, trek mulai mengering Fabio langsung tancap gas pada awal kualifikasi.

"Rasanya luar biasa, karena saya sangat gugup sebelum kualifikasi. ini pertama kalinya saya menggunakan ban kompon medium untuk belakang. Saat kondisi trek mulai kering, saya langsung masuk ke pit dan mengubah settingan motor. Saya sangat senang bisa meraih Pole Position selama dua tahun berturut-turut di kampung halaman saya," beber pembalap bernomor 20 ini.

"Biasanya motor saya suka mengalami sedikit masalah di Sirkuit Le Mans, meskipun begitu saya senang bisa meraih pole pertama dengan kondisi berat seperti hari ini. Dan, kita akan lihat cuaca besok sepertinya akan menyenangkan," harap Quartararo.

Maverick Vinales raih posisi kedua di garis start

Adapun Vinales yang hanya terpaut 0,081 detik berkomentar, "Semua berjalan lancar. Kami bisa amankan posisi start dan ini penting. Saya sempat lakukan kesalahan saat kualifikasi, membuat kehilangan Pole Position."

Meski begitu dirinya mengakui sudah mendapat ritme balapan yang baik di sirkuit Le Mans. Bahkan sudah melakukan simulasi di FP4 dengan kondisi ban sudah pakai. "Terlihat tak ada kendala. Ini membuat gembira, dan kita lihat sejauh apa penyempurnaan agar bisa lebih kencang di balapan."

Jack Miller raih pole position ketiga

Oh iya, pembalap ketiga adalah Jack Miller (Ducati Lenovo), catatan waktunya juga sangat bagus hanya terpaut 0,104 detik dengan peraih Pole Position.

Baca Juga : Ini Jadwal MotoGP Prancis 2021

Prediksi cuaca memang sulit ditebak di Le Mans. Hal ini terjadi dengan Miller yang membiarkan salah satu motor disiapkan setelan lintasan kering, karena melihat ada sinar matahari jelang Q2.

"Pertama keluar andalkan ban basah, kemudian menyadari sebagian lintasan mulai mengering, sehingga saya sebisa mungkin untuk kembali mengganti motor," ujar pembalap Australia ini.

Akibat kondisi tak menentu membuatnya harus mencoba segala kesempatan. "Ternyata, sebelum saya bubuhkan lap tercepat, mulai hujan lagi!"

Meski hanya di posisi tiga di garis start, bagi pemilik nomor motor 43 ini sangat penting, melihat ada kemungkinan akan hujan saat balapan. "Kita siap hadapi balapan entah bagaimana nanti kondisi cuacanya."

Terlihat pulihnya Quartararo usai pasca operasi arm pump, tentunya menjadi persaingan lebih panas di klasemen Juara Dunia MotoGP 2021. Apalagi perebut titel, Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) berada di garis start 16.

Berikut Hasil Kualifikasi MotoGP Prancis 2021:

1.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 1:32,600 detik
2.Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +0,081 detik
3.Jack Miller (Ducati Lenovo) +0,104 detik
4.Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) +0,166 detik
5.Johann Zarco (Pramac Racing) +0,277 detik
6.Marc Marquez (Repsol Honda) +0,437 detik
7.Takaaki Nakagami (LCR Honda) +0,520 detik
8.Pol Espargaro (Repsol Honda) +0,550 detik
9.Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +0,791 detik
10.Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +1,267 detik
11.Lorenzo Savadori (Aprilia Gresini) +1,658 detik
12.Luca Marini (Sky VR46 Avintia Team) +1,665 detik