POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Catalunya 2022 : Quartararo Raih Kemenangan, Aleix Blunder

Hasil MotoGP Catalunya 2022 : Quartararo Raih Kemenangan, Aleix Blunder Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo menang telak dan Aleix Esparagaro (Aprilia Racing) lakukan kesalahan di MotoGP Catalunya, Minggu (05/06).

Sejak awal balapan, Quartararo melakukan start yang baik dari posisi ketiga dan langsung memimpin balapan. Tidak lama memasuki Tikungan 1, tiga pembalap mengalami kecelakaan yang melibatkan Takaaki Nakagami (LCR Honda), Alex Rins (Suzuki Ecstar), dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Catalunya 2022 : Aleix Espargaro Rebut Pole Position

Insiden awal balapan (Sumber Foto : Reuters/Albert Gea

Dari tayangan ulang, Nakagami mengalami kecelakaan dan kepala pembalap Jepang itu masuk ke ban Bagnaia yang membuat dirinya terjatuh. Motor RC213V ini menabrak tunggangan Alex Rins. Usai insiden tersebut, Quartararo langsung melesat dan memperlebar jarak dengan rivalnya. Tidak ada hambatan dan tampil konsisten, El Diablo meraih kemenangan mutlak dengan catatan waktu 40:29,360 detik.

“Iya perasaan saya sejak awal balapan sudah baik. Saya ingin meraih posisi pertama sejak tikungan pertama. Akhirnya saya bisa meraih kemenangan di sini. Ban belakang saya hari ini sangat baik dan tidak bermasalah selama balapan. Saya sangat senang, dan berterima kasih kepada semua fans yang datang hari ini," ungkap Fabio Quartararo.

Posisi tiga besar diisi oleh dua pembalap Pramac Racing, Jorge Martin dengan gap +6,473 detik dan Johann Zarco dengan gap +8,385 detik.

Baca juga: Resmi! Yamaha Perpanjang Kontrak Fabio Quartararo Hingga 2024

Jorge Martin raih podium kedua

Adapun, Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang finis keempat dengan gap +11,481 detik. Lalu, Raihan podium tim satelit ini disebabkan oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang melakukan selebrasi lebih awal di lap ke-23 (Last Lap) yang mengakibatnya dirinya harus menanggung malu dan finis di posisi kelima.

“Selama akhir pekan yang berat, akhirnya saya mampu meraih podium kembali. Saya memang berusaha keras dari beberapa balapan sebelumnya. Saya bertima kasih kepada fans dan para tim yang telah bekerja keras di akhir pekan ini," ungkap Jorge Martin.

Zarco raih podium tiga besar

Baca juga: Mitch Evans Juara Perdana Jakarta E-Prix

Selain insiden di awal balapan, beberapa pembalap juga turut mengalami kecelakaan seperti Stefan Bradl (Repsol Honda) di lap kelima dan Marco Bezzecchi (Mooney VR46) yang terjatuh di Tikungan 10 lap kelima. Adapun, duo Gresini Racing, Enea Bastianini yang terjatuh di Tikungan 5 di lap 8 diikuti oleh Fabio Di Giannantonio di lap yang sama.

Quartararo yang tidak terkejar akhirnya keluar menjadi juara di balapan seri Kesembilan musim 2022 ini. Balapan berikutnya akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman pada 19 Juni mendatang.

“Saya tidak mengira Aleix melakukan kesalahan di lap terakhir. Selama balapan kondisi motor kami sangat baik dan tidak bermasalah. Ketika melihat Nakagami sangat kencang di awal dan dirinya telat mengerem dan akhirnya kecelakaan. Martin hari ini tampil sangat kuat dan saya sedikit kesulitan dengan grip ban belakang. Tetapi, saya mampu menanganinya dengan baik dan tampil cukup konsisten," ungkap Johann Zarco.

Hasil podium GP Catalunya 2022

Berikut Hasil MotoGP Catalunya 2022 :

  1. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 40:29,360 detik

  2. Jorge Martin (Prima Pramac Racing) +6,473 detik

  3. Johann Zarco (Prima Pramac Racing) +8,385 detik

  4. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +11,481 detik

  5. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +14,395 detik

  6. Luca Marini (Mooney VR46) +15,430 detik

  7. Maverick Vinales (Aprilia Racing) +15,975 detik

  8. Brad Binder (Red Bull KTM) +21,436 detik

  9. Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +26,800 detik

  10. Alex Marquez (LCR Honda) +30,460 detik