POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Europe 2020: Pol Espargaro Sempat Bimbang Pilih Ban

Hasil MotoGP Europe 2020: Pol Espargaro Sempat Bimbang Pilih Ban

KabarOto.com - Start dari Pole Position di MotoGP Europe 2020, Minggu (8/11), membuat Pol Espargaro (Red Bull KTM Racing) berusaha tak kehilangan posisi lebih jauh lagi sepanjang balapan.

Beruntung pemilihan ban yang tepat dan tak biasanya membuat Pol bisa raih podium posisi tiga, tepat di belakang dua pembalap Suzuki Ecstar yakni Joan Mir dan Alex Rins.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2020: Joan Mir Semakin Dekat Juara Dunia MotoGP 2020

Pemilihan ban membuat Pol Espargaro bimbang



"Terjadi kebimbangan saat pemilihan ban, tipe mana yang akan di pilih untuk balapan," buka Pol.

Dirinya mengungkapkan bukan sembarang memilih, karena ini detik-detik terakhir mendapatkan data suhu lintasan kian hangat. "Kita hampir memilih kompon medium untuk depan, meski bukan pilihan tepat saat pagi hari."

Tapi ketika suhu kian memanas, selain itu Pol akan lebih kuat ketika melakukan pengereman. Bila rem terlalu kuat, balapan baginya sudah berakhir.

Podium kedua kali bagi Pol Espargaro dan keempat bagi KTM pada musim MotoGP 2020



"Sehingga kita menggunakan kompon keras untuk ban depan dan kompon medium untuk belakang saat balapan," yakin pembalap bernomor 44 ini.

Kombinasi tersebut diyakini baru kali pertama digunakan Pol di balapan. "Begitu juga tim penguji mereka tak menggunakan selama pengetesan. Ini adalah kali pertama mencoba di Valencia. Kita mencoba tanpa beban."

Memang tak mudah membuat strategi ban ini bisa menguntungkan pembalap. Justru Pol malah kehilangan beberapa posisi. Yup, Pol harus rela kehilangan start awal melorot meski dari Pole Position.

Baca juga: MotoGP 2021: Luca Marini dan Enea Bastianini Resmi Menjadi Rekan Satu Tim

Tak ingin membuat kesalahan, Pol Espargaro bertahan di belakang dua pembalap Suzuki



Dirinya tak menampik beruntung start dari depan, sehingga bisa memanfaatkan dua hingga tiga lap untuk menghangatkan temperatur ban depan. "Kemudian setelah Alex dan Mir menyalip saya, akhirnya bisa tetap berada di belakang mereka. Beruntung berada di belakang mereka. Ban bisa kian panas dan lebih percaya diri menggeber motor."

Tapi dirinya memastikan hingga akhirnya sudah mencapai limitnya sepanjang balapan. "Dan, tak bisa berbuat banyak lagi. Saya sudah kerahkan segala kemampuan, sehingga menjadi kepuasan tersendiri dengan podium ini."