Hasil MotoGP Indonesia 2022 : Miguel Oliveira Raih Kemenangan

Hasil MotoGP Indonesia 2022 : Miguel Oliveira Raih Kemenangan Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Pembalap tim Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira menjadi pemenang usai menunjukkan performa apik di wet race MotoGP Indonesia 2022, Minggu (20/3).

Pembalap asal Portugal yang dikenal dengan sponsor minuman energi dengan kaleng warna biru dan silver itu memulai balapan dari urutan ketujuh, lalu tampil apik sepanjang balap karena mampu memimpin sejak lap kelima. Di podium, Miguel ditemani oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) dan Johann Zarco (Pramac Racing).

Baca juga: Di Tengah Hujan Lebat Jokowi Tiba Di Sirkuit Mandalika, Disambut CEO Dorna

“Balapan hari ini sangat emosional bagi saya. Dengan kondisi wet race saya tidak bisa memaksa motor. Saya mengikuti Jack (Miller) untuk beberapa lap kemudian saya bisa tampil lebih cepat dan menyalip dia. Lalu, saya bisa membuat gap yang cukup besar. Kemenangan ini saya dedikasikan untuk putri saya dan salah satu karyawan hotel bernama Risman. Dia yang telah membantu dan mendukung saya selama saya di Indonesia dan saya juga janjikan kemenangan di sini,” ungkap Miguel Oliveira.

Quartararo raih podium kedua

Hasil tersebut menjadi kemengan keempat pembalap bernomor 88 itu sepanjang kariernya di kelas utama. Sebelumnya, rangkaian seri kedua MotoGP 2022 ini sempat di tunda akibat hujan deras yang mengguyur, alhasil balapan dimulai pada pukul 16:15 WITA, dan balapan dipangkas menjadi 20 lap karena faktor keselamatan.

Awalnya Quartararo sempat melorot ke peringkat kelima usai disalip oleh Alex Rins (Suzuki Ecstar) dan Zarco di lurusan.

Ada sedikit drama yang terjadi di wet race ini, di lap ketujuh, motor Andrea Dovizioso (WithU RNF Yamaha) mengalami technical problem yang membuat dia harus menyelesaikan balapan lebih awal. Tidak berselang lama, Jorge Martin (Pramac Racing) mengalami kecelakaan di lap berikutnya.

Baca juga: Michelin Bawa Ban Lawas Di MotoGP Indonesia 2022, Ini Alasannya

Zarco raih podium ketiga

“Saya tidak menyangka hasil hari ini, jujur saja saya tidak pede dengan balapan di trek basah. Awalnya saya cukup berjuang untuk menghadapi trek ini, tetapi saya bisa tampil lebih baik. Jadi, ketika saya melihat kesempatan, saya ambil di tikungan dan secara perlahan saya mampu menyalip beberapa pembalap. Saya juga menikmati balapan hari ini dan cukup puas dengan hasilnya,” ungkap Fabio Quartararo.

Enam lap jelang finis, gap Miguel dengan Jack Miller (Ducati Lenovo) masih di atas 4 detik. Sedangkan, Zarco dan Quartararo mulai mendekati pembalap asal Australia itu. Akhirnya, El Diablo mampu melesat ke posisi kedua di lima lap terakhir. Ia tampil impresif dan tanpa kesulitan menyusul Zarco dan Miller secara berurutan.

“Saya senang dengan hasil ini. Walaupun, saya membutuhkan waktu lebih dalam menyalip Miller dalam kondisi trek basah. Saya sedikit melakukan kesalahan di beberapa tikungan dan menyebabkan saya gagal menyalip,” ungkap Johann Zarco.

Podium MotoGP Indonesia 2022

Berikut hasil MotoGP Indonesia 2022 :

  1. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing) 33:27,223 detik

  2. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +2,205 detik

  3. Johann Zarco (Pramac Racing) +3,158 detik

  4. Jack Miller (Ducati Lenovo) +5,663 detik

  5. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +7,044 detik

  6. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +7,832 detik

  7. Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha) +21,115 detik

  8. Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing) +32,413 detik

  9. Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +31,586 detik

  10. Darryn Binder (WithU RNF Yamaha) +32,901 detik