POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Portugal 2022 : Fabio Quartararo Menang Telak

Hasil MotoGP Portugal 2022 : Fabio Quartararo Menang Telak Sumber Foto : MotoGP & pihak tim

KabarOto.com – Pembalap tim Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo berhasil menjadi pemenang MotoGP Portugal di Sirkuit Algarve, Minggu (24/4).

Sejak awal balapan, Quartararo mampu memimpin balapan usai menyalip Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang mampu start lebih baik dari para rivalnya. Kemenangan ini sangat spesial bagi pembalap bernomor 20 itu. Selain menjadi kemenangan pertama di musim 2022, hasil ini juga menjadi kado baginya yang baru berulang tahun ke-23 pada 20 April lalu.

Baca Juga : Hasil Kualifikasi MotoGP Portugal 2022: Johann Zarco Raih Pole Position

Quartararo tidak terkejar

Posisi kedua diamankan oleh Johann Zarco (Pramac Racing) dengan gap 5 detik dari kompatriotnya. Hasil bagus juga kembali diraih oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) yang menempati posisi tiga besar. Hasil ini menjadi podium keduanya usai kemenangan berserjarah di GP Argentina 2022.

“Iya saya menggeber motor semaksimal mungkin. Jujur saja, saya menggeber motor semaksimal mungkin seperti di Austin dan Argentina. Tapi, untuk di Portimao saya mendapatkan feeling yang baik dan motor memiliki grip yang bagus. Saat balapan saya mampu meraih posisi terbaik. Saya harus mengincar posisi pertama karena kami melawan Ducati di sini. Saya senang karena dapat meraih kemenangan pertama di musim ini dan saya tidak akan menyerah hingga akhir musim ini,” ungkap Fabio Quartararo.

Zarco raih podium kedua

Di belakang Aleix ada Alex Rins (Suzuki Ecstar), lalu pembalap tuan rumah Miguel Oliveira (Red Bull KTM) yang melengkapi lima besar. Di sisi lain, Marc Marquez (Repsol Honda) memenangi duel melawan adiknya, Alex Marquez (LCR Honda).

“Hari ini saya senang, saya kaget melihat Quartararo bisa tampil sangat kuat hingga akhir. Awalnya saya berpikir untuk mengambil posisi ketiga dan ketika saya menggeber motor lebih maksimal akhirnya saya mampu meraih posisi kedua. Saya juga ingin mengejar Quartararo tetapi tidak bisa. Usai menyalip Mir saya terkejut bahwa dia mengalami kecelakaan bersama Miller. Walaupun, pada lap terakhir saya sedikit takut untuk menggeber motor karena ban sudah mulai habis,” ungkap Johann Zarco.

Baca Juga : Enea Bastianini Dan Diggia Incar Podium Di MotoGP Portugal 2022

Aleix raih podium tiga besar

Usai Joan Mir (Suzuki Ecstar) disalip Zarco, dirinya sempat bertarung dengan Jack Miller (Ducati Lenovo). Pada lap ke-19, pembalap asal Australia itu mencoba menyalip dari sisi dalam di Tikungan 1. Sayangnya, manuver tersebut menjadi petaka karena ban depan kehilangan grip yang membuat Miller jatuh dan motornya menyeret Mir hingga ke gravel.

Karena kecelakan tersebut menguntungkan Aleix Espargaro yang berada di urutan kelima. Pembalap asal Spanyol itu mampu menjaga phase dan finis di posisi tiga besar.

“Iya saya memulai balapan dengan start yang buruk dan saya mengalami masalah dengan kopling. Lalu, saya kehilangan banyak waktu karena dihalangi oleh Alex Marquez. Tetapi, saya coba untuk mengejar ketinggalan tersebut di lap ketiga dan lima. Tetapi, saya sempat kehilangan grip ban di tikungan terakhir jadi saya tidak bisa merebut posisi kedua,” ungkap Aleix Espargaro.

Podium MotoGP Portugal 2022

Berikut hasil MotoGP Portugal 2022 :

1.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) 41:39,611 detik

2.Johann Zarco (Pramac Racing) +5,049 detik

3.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +6,068 detik

4.Alex Rins (Suzuki Ecstar) +9,633 detik

5.Miguel Oliveira (Red Bull KTM) +13,573 detik

6.Marc Maruqez (Repsol Honda) +16,163 detik

7.Alex Marquez (LCR Honda) +16,183 detik

8.Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +16,511 detik

9.Pol Espargaro (Repsol Honda) +16,769 detik

10.Maverick Vinales (Aprilia Racing) +18,063 detik