Hasil MotoGP Prancis 2021: Jack Miller Rebut Kemenangan, Duo Prancis Podium

Hasil MotoGP Prancis 2021: Jack Miller Rebut Kemenangan, Duo Prancis Podium

KabarOto.com – Pembalap tim Ducati Lenovo, Jack Miller berhasil meraih kemenangan MotoGP Prancis yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, hari ini (16/05).

Balap GP Prancis memang dihantui hujan yang bisa datang kapan saja. Bermula dengan Jack Miller yang start ketiga mampu melesat cepat berkat holeshot device-nya dan langsung memimpin balapan. Di belakang ada duo Yamaha, yakni Maverick Vinales dan Fabio Quartararo.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Prancis 2021: Habis Operasi, Fabio Quartararo Raih Pole Position

Tepat dibelakang mereka, pertarungan ketat antara skuad Honda antara Takaaki Nakagami, Marc Marquez dan Pol Espargaro. Pada lap ke-3, Vinales mampu merebut posisi Miller dan terlibat duel sengit di awal lap ke-4, bahkan Quartararo mengambil kesempatan dari celah dalam.

Johann Zarco meraih podium kedua

Pada saat bersamaan, hujan deras mengguyur Sirkuit Le Mans. Alhasil, benderea putih berkibar menandakan para pembalap boleh mengganti motor dengan settingan wet track. Pada lap ke-5 para pembalap segera mengganti motornya untuk melanjutkan balapan.

“Balapan hari ini sangatlah sibuk, tiba-tiba ada angin kencang dan akhirnya kami diperbolehkan untuk mengganti motor. Saya melakukan sedikit kesalahan di pit lane sehingga harus menerima hukuman. Dan hari ini saya cukup nyaman dan bisa tampil cepat dengan kondisi trek seperti. Saya tidak percaya dan bisa meraih podium lagi,” ungkap Jack Miller.

Marquez melakukan pergantian motor dengan cepat sehingga dirinya sempat memimpin balapan. Saat momen flag to flag, para pembalap nampaknya terburu-buru seperti Miller dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) yang melanggar batas kecepatan pit lane saat berganti motor. Alhasil, kedua pembalap Ducati itu harus menerima hukuman double long lap penalty.

Baca juga: Fairing Motor Ducati Casey Stoner Dijual

Fabio Quartararo berhasil meraih podium ketiga

“Saya tidak tahu yang lain pakai ban apa, tetapi ban depan saya sangat lunak. Hari ini cukup sulit, Rins juga kecelakaan. Kami hari ini tampil cukup baik dan ini adalah kemenangan untuk saya,” ungkap Fabio Quartararo.

Saat pembalap bernomor 93 ini memimpin balapan, sayangnya dia mengalami kecelakaan di lap ke-9. Marquez mengalami high-side crash di tikungan akhir, tetapi dirinya masih bisa kembali ke trek untuk melanjutkan balapan. Quartararo pun langsung mengambil alih posisi depan.

Tidak lama, pembalap berjulukan El Diablo ini terkena long lap penalty karena melakukan kesalahan saat dalam prosedur flag to flag saat berganti motor. Dengan kondisi trek yang masih basah, beberapa pembalap mengalami crash kedua kalinya termasuk Marquez.

8 lap menjelang finis, Miller berhasil mengambil alih posisi terdepan dan unggul 5 detik lebih dari El Diablo. Pada lap ke-22, Johann Zarco (Pramac Racing) berhasil menyusul Quartararo, sementara pembalap bernomor 43 ini semakin unggul di depan hingga gapnya mencapai 4,339 detik.

Baca juga: MotoGP Finlandia 2021 Resmi Dibatalkan, Ini Penggantinya

Hasil podium MotoGP Prancis 2021

“Saya sangat senang, mungkin saat cuaca berubah kering saya mengganti motor agar bisa meraih podium pertama. Tetapi dengan ban belakang (kompon medium) saya bisa tampil cepat. Berbeda dengan Miller yang menggunakan ban soft yang membuatnya bisa tampil cepat saat awal balapan. Tetapi kondisi hari ini cukup mendukung untuk saya,” ungkap Johann Zarco.

Pada akhirnya, Miller keluar sebagai juara, sementara duo pembalap Prancis, Zarco dan Quartararo berhasil mengamankan duo podium.

Berikut Hasil Lomba MotoGP Prancis 2021:

  1. Jack Miller (Ducati Lenovo) +47:25,473 detik

  2. Johann Zarco (Pramac Racing) +3.970 detik

  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +14.468 detik

  4. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +16.172 detik

  5. Danilo Petrucci (KTM Tech3) +21.430 detik

  6. Alex Marquez (LCR Honda) +233.509 detik

  7. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +30.164 detik

  8. Pol Espargaro (Repsol Honda) +35.221 detik

  9. Iker Lecuona (KTM Tech3) +40.432 detik

  10. Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) +40.577 detik

  11. Valentino Rossi (Petronas Yamaha SRT) +42.198 detik

  12. Luca Marini (Sky46 Avintia) +52.408 detik