POPULAR STORIES

Hasil MotoGP Qatar 2022: Enea Bastianini Raih Kemenangan Perdana

Hasil MotoGP Qatar 2022: Enea Bastianini Raih Kemenangan Perdana Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini berhasil menunjukkan performa apik di MotoGP Qatar 2022, Minggu (6/3).

Pembalap asal Italia itu mampu merasakan kemenangan perdana di MotoGP. Selain itu, Bastianini meraihnya pada balapan debut untuk tim Gresini Racing MotoGP. Dirinya mampu menahan posisi pertama usai menyalip Pol Espargaro (Repsol Honda) pada lap ke-19.

Baca Juga : MotoGP Qatar 2022, Enea Bastianini Start Dari Posisi Kedua

Momen mengharukan terjadi di paddock dengan mendiang istri Fausto Gresini, Nadia Padovani yang meneteskan air mata sejak lap terakhir balapan.

“Perasaan saya saat ini sangat bahagia, karena saya sudah gaspol sejak awal balapan. Tetapi, saya juga harus menjaga ban hingga akhir balapan. Setelah saya memaksa performa motor saya bisa melewati Binder dan Pol. Tentu, kemenangan ini saya persembahkan untuk Fausto,” ungkap Enea Bastianini.

Brad Binder posisi kedua

Urutan kedua diisi oleh Brad Binder (Red Bull KTM), dan Pol Espargaro (Repsol Honda) mengisi tiga besar. Adapun posisi keempat diisi oleh Aleix Espargaro (Aprilia Racing) dan Marc Marquez (Repsol Honda) yang melengkapi lima besar.

Selama balapan berlangsung, ada lima pembalap yang mengalami kecelakaan dan tidak bisa melanjutkan balapan. Lima pembalap itu adalah Marco Bezzechi (Mooney VR46 Racing), Alex Marquez (LCR Honda), Miguel Oliveira (Red Bull KTM), Jorge Martin (Pramac Racing), dan Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

“Hari ini sangat luar biasa, dari hasil sesi Latihan bebas (FP1-FP4) saya sedikit kaget. Memang kami memiliki ada sedikit masalah, tetapi saya tetap percaya diri saat membawa motor dari awal hingga akhir balapan. Jadi saya berterima kasih kepada KTM dan tim yang telah membantu. Saya benar-benar senang dengan hasil hari ini dan semoga ke depannya dapat meraih podium kembali,” ungkap Brad Binder.

Pol Espargaro posisi ketiga

Selain kecelakaan, Jack Miller (Ducati Lenovo) yang harus ‘retired’ dan masuk ke paddock lebih awal. Dikabarkan motor miliknya mengalami masalah elektronik sehingga dia tidak melanjutkan balapan.

Baca Juga : Penggemar Marquez Dan Vinales Pesan Tribun Khusus Di MotoGP Mandalika

“Iya, saya harus mencari pengalaman dan belajar lebih banyak dengan motor baru ini. Saya tidak menyangka performa motor baru bisa membuat saya memimpin untuk sementara. Tetapi, saya tidak bisa menggeber motor saya secara maksimal karena kondisi ban yang mulai habis. Jadi, hingga akhir balapan saya tetap konsisten dan dapat menahan posisi hingga melintasi garis finis,” ungkap Pol Espargaro.

Pol yang awalnya mampu tampil cepat nampaknya harus membayar kekalahannya karena menggunakan ban kompon soft-soft. Sedangkan, Bastianini memakai soft-medium yang mampu tampil stabil hingga akhir dan meraih kemenangan perdanannya Usai Qatar, balapan berikutnya akan digelar di MotoGP Mandalika 2022 (18-20 Maret) mendatang.

Podium MotoGP Qatar 2022

Berikut Hasil MotoGP Qatar 2022 :

1.Enea Bastianini (Gresini Racing) 42:13,198 detik

2.Brad Binder (Red Bull KTM) +0,346 detik

3.Pol Espargaro (Repsol Honda) +1,351 detik

4.Aleix Espargaro (Aprilia Racing) +2,242 detik

5.Marc Marquez (Repsol Honda) +4,099 detik

6.Joan Mir (Suzuki Ecstar) +4,843 detik

7.Alex Rins (Suzuki Ecstar) +8,810 detik

8.Johann Zarco (Pramac Racing) +10,536 detik

9.Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +10,543 detik

10.Takaaki Nakagami (LCR Honda) +14,967 detik