Hasil MotoGP Styria 2021: Jorge Martin Mendominasi

Hasil MotoGP Styria 2021: Jorge Martin Mendominasi Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap tim Pramac Racing, Jorge Martin mendominasi dan tidak tersentuh di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, hari ini (08/08).

Jorge Martin berhasil memenangi GP Styria yang sempat diwarnai kecelakaan. Bagi Martinator ini menjadi kemangan pertama sepanjang karirnya di MotoGP. Selain itu, ini menjadi podium kedua usai finis ketiga di GP Doha.

Kesuksesan di Red Bull Ring juga menjadikan pembalap Pramac Ducati pertama yang mampu memberikan kemenangan di kelas utama sejak 2002.

Baca juga: Usai Kecelakaan, Pembalap MotoGP Khawatir Dengan Tikungan 3 Red Bull Ring

“Saya tidak percaya dengan kemenangan ini. Sungguh luar biasa. Saya hanya fokus saat lomba ketika Mir terus membayangi dibelakang saya. Tentu, kemenangan ini saya persembahkan untuk kakek saya yang sedang dirawat di rumah sakit,” ungkap Jorge Martin.

Tentu kemenangan Martin tidaklah mudah, bersaing ketat dengan Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang terus membayangi. Akhirnya, Mir finis kedua terpaut 1,5 detik diikuti oleh Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Joan Mir raih podium kedua

Sebelumnya, ada insiden yang terjadi di tikungan 3 melibatkan Dani Pedrosa (Wildcard KTM) dengan Lorenzo Savadori (Aprilia Racing). Savadori menabrak motor Pedrosa yang membuatnya terbakar dan tumpahan bahan bakar menggenangi lintasan.

Baca juga: Menjelang Paruh Kedua MotoGP 2021, Jorge Martin Ingin Tampil Lebih Kuat

Joan Mir menjelaskan bahwa balapan hari ini sangatlah dekat dengan posisi pertama. Ia senang karena balapan akhir pekan ini memiliki performa yang baik.

“Tetapi, saya sedikit melakukan kesalahan disana oleh karena itu saya tidak bisa mengejar Martin. Jadi, saya lebih memaksakan motor saya. Walaupun begitu, saya senang dengan tim karena bisa memberikan perangkat baru yang sangat membantu saat balapan," ungkap Joan Mir.

Akibat kecelakaan tersebut, balapan dihentikan sementara. Pedrosa dan Savadori dilarikan ke medical center untuk pemeriksaan. Keduanya dikabarkan tidak mengalami cedera serius, bahkan pembalap bernomor 26 itu kembali melanjutkan balapan.

Fabio Quartararo raih podium ketiga

Saat bendera merah berkibar, posisi 10 besar ditempati Bagnaia (Ducati Lenovo), Martin, Quartararo, Mir, Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Johann Zarco (Pramac Racing), Alex Rins (Suzuki Ecstar), Aleix Espargaro (Aprilia) dan Jack Miller (Ducati Lenovo).

Namun, start ulang kembali disesuaikan dengan posisi awal yang berarti Martin start terdepan. Saat start, Miller langsung melesat diikuti Martin dan Mir. Sementara, Vinales harus start dari pit lane setelah motornya mengalami masalah menjelang pemanasan.

"Balapan hari ini cukup baik setelah kecelakaan yang cukup parah. Saya mampu menyalip di tikungan 6 tetapi saya melewati batas saya karena Miller sangat cepat. Dan, saya sering melakukan late-brake di tikungan 3 untuk menyalip. tetapi, saya tidak bisa mengejar Mir," ungkap Fabio Quartararo.

Usai menggunakan holeshot device dan ride height adjuster membuat GSX-RR milik Mir mampu tampil kompetitif saat start dan tikungan. Saat balapan berlangsung 13 lap, motor milik Miguel Oliveira (Red Bull KTM) mengalami masalah dan harus retire.

Baca juga: Motul Kembali Gandeng Tim Suzuki Dan Pramac Racing Di MotoGP

Hasil podium GP Styria 2021

Tidak hanya itu, balapan menyisakan 10 lap Miller yang tengah mengejar Quartararo untuk meraih podium ke-3 terjatuh di tikungan 7 yang membuatnya mundur dari balapan. Hingga akhir balapan, Mir tidak mampu mengejar Martin.

Berikut Hasil MotoGP Styria 2021:

  1. Jorge Martin (Pramac Racing) 1:24,232

  2. Joan Mir (Suzuki Ecstar) +1,548 detik

  3. Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) +9,632 detik

  4. Brad Binder (Red Bull KTM) +12,771 detik

  5. Takaaki Nakagami (LCR Honda) +12,923 detik

  6. Johann Zarco (Pramac Racing) +13,031 detik

  7. Alex Rins (Suzuki Ecstar) +14,839 detik

  8. Marc Marquez (Repsol Honda) +17,953 detik

  9. Alex Marquez (LCR Honda) +19,059 detik

  10. Dani Pedrosa (Wildcard KTM) +19,389 detik

  11. Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo) +21,667 detik

  12. Enea Bastianini (Esponsorama Racing) +25,267 detik