Honda Atur Strategi Penjualan Mobil Untuk Bangkit Di Masa Pandemik Covid-19

Honda Atur Strategi Penjualan Mobil untuk Bangkit di Masa Pandemik Covid-19 Honda Brio jadi salah satu produk Honda yang laris di masa Pandemik

KabarOto.com - Pasar otomotif pada kuartal ketiga baru saja ditutup, Oktober memasuki kuartal keempat atau terakhir tahun 2020. Pasar otomotif mulai bangkit setelah diterjang badai virus Corona yang membuat Pembatasan Sosial berskala besar (PSBB).

Berdasarkan data Gaikindo, sampai akhir September 2020, tercatat 470.396 unit retail sales. Angka tersebut naik 54%, sudah recovery. Namun jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu, di masa normal turun 16%.

Baca Juga: Honda Cabut Dari Balapan F1, Bagaimana Dengan Mercedes?

Angka yang diraih Indonesia masih jauh di bawah negara lain, seperti Amerika Serikat yang sudah alami peningkatan dan tumbuh sampai 80%, bahkan Tiongkok 100% lebih, Jepang lebih dari 75%. Sementara itu, Thailand sudah 80% dan Malaysia ada stimulus dari pemerintah, pemulihan transaksi penjualan sudah lebih dari 100%.

"India lebih dari 80%, Indonesia masih 54% dan akan terus naik harapan kami," terang Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor.

Dia mengatakan, dalam empat bulan terakhir, pasar alami pemulihan perlahan meningkat, termasuk HPM. "Situasi ini belum stabil, dan masih hati-hati dalam menentukan strategi," terangnya dalam diskusi virtual dengan media otomotif, Senin (19/10).

HPM saat ini harus menyesuaikan diri dengan kondisi keadaan market terkini. "Satu yang kami pelajari adalah perubahan perilaku konsumen," terang Billy. menurutnya, HPM harus merancang strategi penjualan melalui digital. "Kami terus fokus mengembangkan platform digital fokus, selalu melakukan pengembangan," tambahnya.

Bukan hanya penjualan yang dijalankan melalui platform digital, after sales juga dilakukan dengan cara digital, mulai dari booking servis, pembelian suku cadang dan sebagainya. "After sales juga kami lakukan dengan digital," terangnya lagi.

Strategi yang dilakukan secara digital membuahkan hasil. Penjualan Honda meningkat, bahkan salah satu LCGC-nya yaitu Honda Brio trend penjualannya positif. "Brio itu banyak diminati pemilik mobil pertama," papar Billy lagi.

Baca Juga: Penjualan Mobil Honda Kuartal Ketiga Meningkat, Ini Model Terlaris

Terbukti, 63% berkontribusi untuk penjualan Honda secara keseluruhan. "Honda Brio mendapat penjualan tertinggi di segmen LCGC, September lalu," tambahnya. Yusack Billy berharap, Pandemik Covid-19 segera beralhir, dan industri otomotif kembali bangkit, penjualan kembali normal.