Honda Civic Hybrid Tembus 600 Dk? Ini Caranya

Honda Civic Hybrid Tembus 600 dk? Ini Caranya Foto: cuicardeeporange.com

KabarOto.com – Honda Civic bertenaga 600 dk? Kok bisa? Eits jangan salah dulu, Civic tersebut bukanlah buatan pabrikan Honda, melainkan hasil modifikasi dari 19 pelajar Clemson University di Carolina Selatan, Amerika.

Pembuatan mobil tersebut memakan waktu 2 tahun. Berbasis dari Honda Civic sedan biasa, mobil tersebut dibuat dengan tujuan menghasilkan tenaga yang optimal, namun dengan emisi gas buang yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Honda Civic Type R 2007 Ini Makin Kencang Berkat Totalitas Di Mesin

Menariknya Honda juga menanggapi proyek tersebut dengan baik, dan turut membantu mendanai, agar mobil yang mendapat julukan Deep Orange 9 tersebut bisa hidup.

“Kami percaya, para siswa ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan sebagai rekan HRA (Honda R&D Americas Inc) di masa depan, dalam membantu Honda mewujudkan visi jangka panjangnya untuk mobilitas,” ujar Duane Detwiler, Direktur HRA’s Strategic Research Operations (SRO).

Lalu, yang penasaran tenaga 600 dk didapat dari mana? Jawabannya ada pada mesin yang diganti dengan 4 silinder supercharged, berkapasitas 2.000 cc.

Namun konfigurasinya, mesin ini merupakan mesin tengah, bukan lagi mesin depan. Tenaga dari mesin tersebut sudah mampu mencapai 400 dk. Belum lagi, ditambah motor listrik bertenaga 200 dk yang membantu menggerakkan roda depan.

Baca Juga: Profil - All New Honda Brio 2018

Disambung ke transmisi 6 percepatan sekuensial, perpaduan tersebut mampu membawa Deep Orange 9 dari diam sampai 100 kpj, hanya dalam 2 detik. Lanjutnya, dengan tenaga yang besar tersebut, sistem pengereman juga di-upgrade menggunakan rem regenerative, yang membantu pengisian daya baterai.

Suspensi semi-aktif yang dapat dengan mudah beradaptasi dengan perubahan permukaan, juga sudah disematkan dan sistem penggerak sudah diubah jadi all wheel drive. Pelek juga diubah, dibalut ban BF Goodrich.

Tampilannya ikut berubah drastis dengan overfender sekeliling bodi, lips splitter, juga spoiler besar khas mobil balap. Warna diubah jadi hitam doff, dengan aksen-aksen oranye.

Pada interior bisa dilihat, semua bagian dilucuti. Digantikan roll bar berbahan baja lengkap dengan jok balap untuk 1 orang. Setir pakai Momo dan juga race dash dari AEM, untuk menunjukkan segala informasi dari mobil tersebut.

Tapi hebatnya, sistem hibrid ini diklaim mengiritkan konsumsi bahan bakar hingga 30%. Kata siapa mobil kencang itu boros kan? (Deddy Darmanto)

Baca Juga: Honda Brio Rally Karya Julian Johan Rajai "Honda Brio Virtual Modification"