POPULAR STORIES

Honda CR-V Hadirkan 5 Generasi Di Indonesia, Yuk Simak Sejarahnya

Honda CR-V Hadirkan 5 Generasi di Indonesia, Yuk Simak Sejarahnya 5 Generasi Honda CR-V di Indonesia, Yuk Simak (Tennen-Gas, OSX, M93, Vauxford)

KabarOto.com - Kehadiran Honda CR-V di Indonesia memiliki riwayat perjalanan yang relatif panjang. Compact SUV ini sudah ada di Tanah Air sejak tahun 2000. Kini Honda CR-V sudah punya 5 generasi, unit bekasnya pun beragam di pasaran. Jika di hitung sejak tahun 2000, awal kemunculannya di Indonesia, berarti Honda CR-V tertua saat ini sudah menginjak usia 20 tahunan.

Sejarah Honda CR-V bermulai dari generasi pertama, dikenal dengan sebutan RD1. Masa edar unit ini mulai tahun 2000 – 2002 di Indonesia.

Honda CR-V generasi sudah ditawarkan dengen perlengkapan standar ABS dan airbag SRS ganda, model eksterior sewarna bodi termasuk bumper 2 warna.

Salah satu yang paling identik di Honda CR-V generasi pertama adalah penggunaan ban serep di belakang. Selain itu kaca belakang dan pintu bagasi terbagi dua bagian, alias terpisah.

Tersedia pula lampu tambahan di bumper. Khusus pasar lokal, Honda menambahkan dua bangku berhadapan di area bagasi. Barang ini membuat CR-V menjadi salah satu inisiator SUV kompak 7-seater.

Di sektor interior, Honda CR-V generasi pertama masih lumayan mengusung desain retro. Yakni tuas gigi otomatis posisinya di balik kemudi setir.

Honda CR-V mengusung dapur pacu berkode F20A berkapasitas 2.0L DOHC i-VTEC. Menggunakan transmisi manual 5 percepatan, dan otomatis 4 percepatan, sistem penggerak roda depan.

Baca Juga: Konsumsi BBM Honda CR-V PHEV Diklaim Tembus 62,11 Kpl

Generasi Kedua

Generasi kedua yang rilis pada periode 2002 – 2007. Honda CR-V generasi kedua ini memiliki kapasitas penyimpanan 527 liter.

Terkait desain, garis body sudah tidak terlalu kotak seperti generasi sebelumnya. Namun tetap mempertahankan ban serep konde di buritan belakang. Honda CR-V generasi ini lampu belakangnya masih berdesain vertikal.

CR-V generasi kedua mendapatkan pilihan mesin baru, yakni 2.400 cc K24A1 dikawinkan transmisi hanya otomatis.

Dari eksterior, diberikan beberapa titik penyegaran mulai dari lampu, grille, dan bumper. Foglamp lingkaran mengisi sudut terluar, menggantikan potongan trapezoid.

Generasi Ketiga

Generasi ketiga yang rilis pada periode 2007 – 2012. Hadir dengan kapasitas bagasi yang lebih besar yakni 1.648 liter. Kelebihan lainnya adalah kursi bagian belakang yang bisa dilipat rata dalam satu gerakan.

Bentuknya yang agak mirip kura-kura, juga menjadikan nama lainnya yang terkenal di Indonesia adalah CR-V kura-kura.

Pada generasi ini Honda juga menawarkan dua pilihan mesin yakni 2.000 cc dan 2.400 cc. Untuk varian 2.000 cc ditawarkan dua opsi transmisi, manual 6-percepatan atau otomatis 5-percepatan. Sementara itu, varian atas dapat dinikmati dengan transmisi otomatis saja.

Generasi Keempat

Generasi keempat yang rilis periode 2012 – 2017. Honda CR-V kali ini terus memaksimalkan unitnya dengan deretan fitur modern.

Misalnya sudah menggunaka paddle shift, cruise control, drive by wire, grade logic control, dan shift hold control. Selain itu juga ada beberapa piranti keamanan baru seperti Smart Key, One Push Ignition, ECON Mode dan Eco Assist.

Terkait dapur pacu, Honda CR-V terbaru tetap mengandalkan 2 mesin 2.000 cc R20A atau 2.400 cc K24Z. Jantung pacu ini merupakan unit serupa model terdahulu. Keluaran daya sedikit diperbesar, mencapai 150 dk untuk mesin 2.000 cc, dan 190 dk dari mesin 2.400 cc.

Baca Juga: Akankah Honda CR-V Muncul Di GIIAS 2023? Yuk Intip Spesifikasinya

Generasi Kelima

Generasi kelima hadir ada 2017 lalu, menggeneong mesin baru, 1.500 cc VTEC Turbo. Walau lebih kecil, tapi tenaganya makin besar, yakni 187 dk @ 5600 rpm dan torsi 248 Nm @ 2000 – 5000 rpm.

Di versi ini, bangkunya kembali 7 penumpang, sama dengan generasi sebelumnya. Ada tiga varian, yakni 1.500 cc Turbo dan 1.500 cc Turbo Prestige, serta 5 penumpang pada varian 2.000 cc. Untuk harganya, saat baru meluncur sekitar Rp 471 juta-Rp 511 juta untuk varian Prestige.

sejarah Honda CR-V berlanjut pada awal 2021, dengan kemunculan versi facelift dari generasi kelima. Ubahan utamanya ada di sisi fitur kenyamanan dan keselamatan. CR-V 2021 sudah memiliki teknologi Honda Sensing, remote engine start, hingga buka bagasi pakai ayunan kaki.

Pada akhir 2021, Honda lagi-lagi menyegarkan tampilan, lewat CR-V Black Edition. Ini merupakan versi tertinggi dengan ciri khas penggunaan berbagai aksen hitam disekujur eksterior seperti pelek, grille, dan lain-lain.

Senada dengan eksteriornya, interior CR-V Black Edition pun dibuat serba hitam. Ada tulisan Black Edition sebagai identitas. Penjualan CR-V varian tertinggi ini dimulai pada 2022, harganya sendiri lebih mahal Rp 15 jutaan dari varian tertinggi alias CR-V 1.5 Turbo Prestige with Honda Sensing.