POPULAR STORIES

Honda CRF1100L Africa Twin Dapat Penyegaran, Tersedia Mulai Mei 2024

Honda CRF1100L Africa Twin Dapat Penyegaran, Tersedia Mulai Mei 2024 Foto : Autoevolution

KabarOto.com - Mendapat pembaruan tahun ini, Honda CRF1100L Africa Twin terbaru resmi diperkenalkan. Menjadi salah satu model motor petualangan, pabrikan memberikan beberapa perubahan untuk menarik minat calon konsumen.

Seperti dilansir Autoevolution, Honda Africa Twin merupakan motor legenda yang ada sejak akhir tahun 1980an. Tak heran, perusahaan otomotif asal Jepang tersebut memberikan pembaruan untuk versi 2024, terlebih dari sisi tampilan.

Perubahan pada model tahun ini tidak terlalu besar, namun Honda siap meluncurkan dua versi Africa Twin, yakni versi dasar dan Adventure Sports ES. Meski memiliki banyak komponen yang sama, ada beberapa hal yang membedakannya keduanya. Hal ini tak terlepas dari perbedaan kegunaan yang ditargetkan pabrikan.

Baca Juga : IIMS 2024 jadi Momentum Honda Tampilkan Produk Baru dan Program Penjualan Menarik

Untuk jantung pacu, kedua model tersebut sama-sama mendapatkan mesin berkapasitas 1.083 cc, berpendingin cairan yang menjalankan konfigurasi kembar paralel empat langkah. Tak mengelami perubahan dari model sebelumnya, tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 100 dk dan torsi 112 Nm melalui transmisi manual atau kopling ganda.

Pembaruan juga dilakukan pada beberapa komponen, antara lain knalpot, dan perangkat elektronik. Untuk Africa Twin standar, tersedia satu warna yakni Grand Prix Merah. Menonjolkan penggunaan off-road, motor ini mendapat kaca depan lima posisi baru, ban tubeless, dan fairing yang mengalami revisi.

Akan tersedia di diler resmi mulai Mei 2024, versi termurah Africa Twin dijual mulai $14.799 atau setara dengan Rp 231 jutaan dan DCT mulai $15.599 atau Rp 243 jutaan.

Africa Twin Adventure Sports ES merupakan sepeda motor yang ditujukan untuk penggunaan di jalan raya. Meski demikian, model ini juga memiliki banyak kemampuan off-road.

Baca Juga : Sony dan Honda Siapkan 3 Mobil Listrik Hingga 2028, Ini Bocorannya

Perubahan yang terjadi untuk versi ini jauh lebih banyak dibandingkan model sebelumnya. Memperhatikan kenyamanan posisi berkendara, ketinggian tempat duduk dibuat lebih rendah, dan sistem suspensi juga lebih pendek dari sebelumnya.

Motor tersebut kini didukung roda depan baru berukuran 19 inci, dan terdapat sederet fitur canggih, seperti grip dengan pemanas dan tangki bahan bakar lebih besar.

Hanya tersedia satu warna, Africa Twin Adventure Sports ES mendapat kelir Pearl White. Harga yang ditetapkan sebesar $17.599 atau setara Rp 275 jutaan untuk versi manual, sedangkan DCT dibanderol $18.399 atau Rp 287 jutaan.