POPULAR STORIES

Honda Patenkan Fitur Keselamatan Sepeda Motor Berbasis Kamera

Honda Patenkan Fitur Keselamatan Sepeda Motor Berbasis Kamera Honda CRF 1100 Africa Twin (Foto: AHM)

KabarOto.com - Honda tengah bekerja untuk mematenkan sebuah fitur keselamatan melalui kamera, yang akan digunakan di bagian depan sepeda motornya.

Melansir Motorradonline, kamera tersebut akan menggunakan sistem radar. Teknologi ini bukan yang pertama untuk pabrikan sepeda motor, di mana sebelumnya ada BMW, KTM, Ducati dan Yamaha yang menggunakan teknologi ini.

Nantinya, fitur ini akan melakukan pemantauan lalu lintas dan menyediakan keamanan aktif dengan data. Dalam pengimplementasian teknologi tersebut, Honda sudah berencana begitu matang lantaran kamera yang digunakan mampu mengakomodir sensor di dalam atau di rumah lampu depan.

Baca juga: Dibanderol Mulai Rp 63 Jutaan, Wahana Pastikan Pembeli New Honda CBR250RR Tidak Inden

Honda sendiri telah mematenkan braket khusus untuk kamera depan. Dari gambar paten yang beredar, pabrikan motor Jepang ini menggunakan model Honda CRF 1100 Africa Twin dan braket tersebut diposisikan di bawah lampu depan LED.

Desain paten fitur keselamatan motor Honda (Foto: Motorradonline)

Kamera tersebut terdiri dari dua sensor optik terlindungi dari serpihan batu atau kerusakan lainnya. Kamera juga ditempatkan di bagian aman dan dapat meredam guncangan dari sasis dan kinerja suspensi.

Sebagai informasi, sejauh ini ada tiga teknologi yang digunakan untuk memberikan fitur keselamatan aktif, di antaranya adalah radar, lidar dan kamera.

Baca juga: Begini Detail Teknis Ubahan Performa Mesin New Honda CBR250RR 2022

Keunggulan penggunaan radar, teknologi ini tidak terpengaruh dengan cuaca dan waktu, namun teknologi ini tidak dapat mendeteksi impuls optik seperti tanda atau lampu rem.

Kamera, teknologi ini dapat melakukan dengan lebih baik dari teknologi sensor. Penggunaan kamera sebagai fitur keselamatan tidak harus menafsirkan apa yang dilihatnya terlebih dahulu.

Lidar, teknologi ini menggabungkan keunggulan radar dan kamera, tetapi membutuhkan banyak ruang untuk pemasangan.