POPULAR STORIES

Honda RC213V Tidak Mampu Tampil Kompetitif Di MotoGP 2021, Ini Masalah Utamanya

Honda RC213V Tidak Mampu Tampil Kompetitif di MotoGP 2021, Ini Masalah Utamanya Sumber Foto : MotoGP

KabarOto.com – Pembalap LCR Honda, Alex Marquez menjelaskan mengapa RC213 saat ini sulit bersaing ketat dengan motor pabrikan lainnya.

Sejak musim lalu Marc Marquez (Repsol Honda) mengalami cedera patah tulang lengan kanan, pabrikan asal Jepang ini seperti kehilangan tajinya.

Baca Juga : Jack Miller Murka Dengan Kelakuan Joan Mir Di MotoGP Amerika 2021

Alex ungkap masalah utama RC213V 2021

Harapan sempat muncul dari adiknya ketika meraih dua podium secara beruntun di Aragon dan Le Mans. Tetapi, Honda juga mengalami kesulitan untuk memberikan motor kompetitif untuk musim 2021. Meskipun Marc sudah meraih beberapa podium musim ini, pabrikan berlogo sayap tunggal itu belum kembali ke performa terbaiknya.

Selain kondisi fisik yang belum pulih sepenuhnya, masalah teknis juga menjadi faktor utama yang membuat salah satu motor paling ditakuti di MotoGP itu gagal tampil kompetitif.

Bukan rahasia lagi bahwa motor Honda pada dasarnya sangat agresif. Meski Honda memiliki tenaga yang sangat besar, tapi tidak bisa menggunakannya karena tidak memiliki daya cengkeraman yang bagus.

"Kami (pembalap Honda) sangat sulit mentransfer tenaga mesin ke ban belakang. Karena kami tidak memiliki grip yang bagus alhasil ban terlalu banyak berputar (spin),” ungkap Alex Marquez.

Honda RC213V 2022 yang dijajal Marc Marquez

Alex juga menambahkan bahwa Sirkuit Catalunya menjadi trek yang memperlihatkan masalah utama sangat jelas. Menurutnya, pihak Honda harus cepat-cepat memperbaiki masalah ini agar bisa tampil komepetitif lagi untuk masa mendatang.

Baca Juga : Ternyata Pembalap Honda Sering Terjatuh Di MotoGP 2021

Walaupun begitu, Honda juga telah mempersiapkan motor baru untuk MotoGP 2022 dengan beberapa perubahan besar. Perubahan itu termasuk penggunaan fairing depan dan pipa knalpot lebih ke kanan.

Pada bagian fairing dibuat lebih ramping untuk mengurangi efek downforce, sedangkan sistem pembuangan biasanya berada tepat di bawah jok kini di tempatkan lebih ke kanan guna memaksimalkan ruang penyimpanan sistem elektronik.

RC213V 2022

Marc Marquez yang telah menjajal motor baru ini memberikan kesan positif dan merasa ada kemajuan besar dibandingkan motor musim ini.

“Sangat menyenangkan melihat sebuah revolusi, bukan hanya sekadar evolusi. Saya tidak pernah meragukan Honda yang telah mencoba segalanya. Tapi inovasi besar ini terlihat sangat hebat dari luar,” tutup Marc Marquez.