Honda Targetkan Produksi 2 Juta Mobil Listrik Pada Tahun 2030

Honda Targetkan Produksi 2 Juta Mobil Listrik Pada Tahun 2030 Teaser mobil listrik Honda (Foto: Honda)

KabarOto.com - Belum lama ini Honda mengumumkan strategi kendaraan elektrifikasinya dengan meluncurkan 30 model EV, dan ditargetkan akan diproduksi sebanyak 2 juta unit pada tahun 2030. Nantinya, mobil listrik Honda didasarkan pada tiga arsitektur khusus EV baru yang sudah dalam pengembangan.

Shinji Aoyama, Kepala Elektrifikasi Honda mengatakan bahwa perusahaan sedang mengembangkan platform kecil, menengah, dan besar khusus EV. Platform kecil akan diperkenalkan oleh mini LCV untuk pasar Jepang pada tahun 2024, diikuti oleh saudara kandung mini EV penumpang tambahan.

Baca Juga : Profil Dan Galeri Foto New Honda Brio RS Urbanite Editon

Honda Architecture

Berikutnya adalah platform besar, yakni Honda e: Arsitektur yang mendukung EV ukuran penuh untuk Amerika Utara yang datang pada tahun 2026. Ini juga merupakan kandidat yang baik untuk duo mobil sport EV yang baru-baru ini muncul dalam sebuah teaser.

Platform ketiga adalah arsitektur berukuran sedang yang dikembangkan bekerja sama dengan General Motors. Ini akan debut pada 2027 mendukung serangkaian EV yang terjangkau, meskipun Honda mengakui belum diputuskan apakah itu akan menjadi arsitektur Honda atau GM, dan di pabrik mana mereka akan diproduksi. Bagaimanapun, peluncuran akan dimulai di Amerika Utara dan secara bertahap meluas ke pasar global. Honda sebelumnya mengatakan bahwa hasil aliansinya dengan GM akan memungkinkan EV memiliki harga yang kompetitif.

Baca Juga : Profil Honda City Hatchback RS With Honda Sensing

Rencana mobil listrik Honda

Selain itu, aliansi Honda dan Sony yang baru didirikan yang akan membuat Honda berpartisipasi dalam pengembangan dan produksi EV berlencana Sony yang akan datang. Namun, peluncuran pasar yang ditargetkan pada tahun 2025 lebih awal dari debut arsitektur khusus EV menengah dan besar.

Shinji Aoyama juga mengungkapkan target produksi Honda untuk setiap pasar, untuk mencapai tujuan produksi global tahunan sebesar 2 juta EV pada tahun 2030. Lebih khusus lagi, pembuat mobil ingin memproduksi 750.000 – 800.000 EV di Amerika Utara, 750.000 – 800.000 EV lainnya di Tiongkok, dan sekitar 400.000-500.000 EV di Jepang.

Berita Terkait

Berita Terkait