POPULAR STORIES

Honda Taruh Harapan Besar Pada Pol Espargaro

Honda Taruh Harapan Besar pada Pol Espargaro

KabarOto.com – Takeo Yokoyama selaku Direktur Teknis Honda Racing Corporation (HRC), ingin Honda fokus membuat pembalap anyar mereka lebih cepat beradaptasi dengan RC213V.

Memiliki senjata baru, Yokoyama berharap Honda bisa kembali meraih kemenangan setelah menjalani musim 2020 yang pahit. Kehilangan Marquez tentu menjadi tamparan keras bagi pabrikan berlogo sayap tunggal tersebut, karena pembalap mereka tidak bisa tampil maksimal di RC213V.

Baca juga: Honda Optimis RC213V Lebih Kompetitif Pada Musim 2021

Dengan merekrut Pol Espargaro tentu memberi harapan baru bagi pabrikan Jepang itu, usai melihat penampilan apik Pol di Orange Squad, KTM. Pada musim 2020, Pol meraih lima podium dan dua pole position. Pindah pabrikan tentu harus membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan motor baru, kini tugas baru Honda untuk membuat Polyccio bisa beradaptasi RC213V secepat mungkin.

“Secara historis, kami memiliki juara yang sangat kuat. Filosofi kami adalah membuat motor cocok dengan sang juara. Ketika pembalap andalan kami dalam pengembangan motor absen panjang, kami hanya mengandalkan insting dalam mengembangkan motor. Tentu gaya balap setiap orang berbeda-beda,” ungkap Takeo Yokoyama.

Sejak Honda beralih ke RC213V, hanya Marquez yang bisa menjinakkan motor tersebut. Bahkan, Dani Pedrosa yang turut ikut melakukan pengembangan motor tak mampu mengendalikan motor tersebut. Pihak Honda pun membantah hanya membangun motor untuk MM93 seorang. Mereka menegaskan,membangun motor berdasarkan masukan dari semua pembalap yang mereka miliki.

Baca juga: Bos Ducati Optimis Jack Miller Bisa Rebut Titel Juara Dunia MotoGP 2021

Selain itu, tim Honda juga berusaha keras untuk beradaptasi dengan ban baru dari Michelin. “Kami telah mengubah banyak hal, mulai dari sistem elektronik, sistem pembuangan, intake, setelan sasis, geometri sasis, kelenturan rangka dan suspensi belakang,” lanjut Yokoyama.

Menjelang sesi tes pramusim, Honda telah mempersiapkan beberapa sasis baru yang akan diuji coba. Diharapkan sasis baru ini dapat menghasilkan daya cengkeraman ban belakang lebih besar.