POPULAR STORIES

Honda Optimis RC213V Lebih Kompetitif Pada Musim 2021

Honda Optimis RC213V Lebih Kompetitif Pada Musim 2021 Stefan Bradl jajal Honda RC213V 2021

KabarOto.com – Gelaran MotoGP 2020 kemarin, pabrikan tim asal Jepang ini gagal meraih kemenangan dan hanya finis di posisi kedua dari bawah klasemen konstruktor dan meraih dua podium saja.

Dengan absennya pembalap andalan mereka, Marc Marquez sepanjang musim dinilai menjadi pemiuc utama kegagalan Honda mempertahankan dominasinya di kelas utama. Bahkan, tim ini berada di bawah pabrikan KTM.

Baca Juga : Sirkuit MotoGP Argentina, Fasilitas Terbakar 80 Persen

Melihat hasil pahit tersebut, Honda telah membenahi motor RC213V yang kinerjannya tidak maksimal pada musim lalu. Motor ini banyak dilakukan perubahan karena banyak pihak yang berpendapat RC213V hanya bisa dijinakkan oleh Marquez seorang. Tetapi, anggapan itu terbantahkan dengan raihan Alex Marquez dalam GP Prancis dan GP Aragon yang dimana Alex meraih dua kali runner-up.

Penggunaan winglet dan air ram baru

Menurut pihak Honda, salah satu problem mereka adalah harus beradaptasi dengan ban baru dari Michelin. Para pembalap tim Honda tersebut juga kewalahan pada paruh awal musim 2020. Namun, Takehiro Koyasu yang bertanggung jawab atas pengembangan motor Honda di MotoGP kini optimis dengan kemajuan motor tahun ini yang akan lebih baik.

“Kami adalah tim penantang, kami akan mengevaluasi hasil musim lalu dengan serius, penyempurnaan mesin dan bodi fairing, termasuk intake, sistem pembuangan dan sistem powertrain,” ungkap Takehiro Koyasu selaku Manajer Pengembangan RC213V.

Baca Juga : LCR Honda Umumkan Waktu Peluncuran Tim MotoGP 2021

Koyasu bersama stafnya akan melanjutkan pengembangan sesuai regulasi yang telah ditetapkan. Tujuannya hanya satu, untuk meraih kembali masa kejayaan yang diraih pada 2016-2019. Selama periode tersebut, Honda berhasil mencetak ‘Triple Crown’ (tiga gelar) termasuk pembalap, konstruktor dan pabrikan.

Honda RC213V 2021

“Tentu saja, tujuannya untuk merebut Triple Crown lagi. Kami tidak bisa menunjukkan kekuatan Honda pada 2020. Namun, saya merasa tahun ini Honda akan kuat lagi,” tutup Tetsuhiro Hikita selaku Kepala Manajemen Balap Honda Racing Corporation (HRC).

Baca Juga : Honda RC213V Musim Lalu Dinilai Tidak Ideal

Menghadapi musim 2021, Honda memiliki komposisi baru pembalap yakni Pol Espargaro dengan Marc Marquez untuk Repsol Honda. Sementara Alex Marquez bersama Takaaki Nakagami di LCR Honda. Repsol Honda rencananya akan merilis motor dan livery baru RC213V pada 22 Februari secara virtual, sekaligus memperkenalkan Marc Marquez dan Pol Espargaro secara resmi.

Sedangkan LCR Honda dijadwalkan melakukannya lebih dulu, yakni Alex Marquez pada 19 Februari dan Takaaki Nakagami keesokan harinya secara online.