POPULAR STORIES

Honda Vario Series Menjadi Motor Skutik Yang Diminati Konsumen Manca Negara

Honda Vario Series Menjadi Motor Skutik yang Diminati Konsumen Manca Negara Ekspor sepeda motor Honda kembali meningat

KabarOto.com - PT Astra Honda Motor (AHM) semakin melebarkan sayapnya dalam kancah Internasional. Ternyata tidak hanya di Indonesia, sepeda motor Honda juga berhasil memikat konsumen manca negara, terutama dengan sepeda motor skutiknya. Selain dirasa nyaman, skutik produksi AHM memiliki desain yang menarik.

Kali ini AHM berhasil meningkatkan volume eskpor lagi nih sesuai komitmennya. Bulan Februari lalu, Honda berhasil menjual sepeda motor mereknya melonjak 122%, menjadi sebanyak 20.035 unit. Pencapaian ini dibandingkan dengan bulan yang sama pada 2018 lalu.

Baca juga: Ekspor Honda Vario Tahun 2018 Melonjak 2 Kali Lipat

Nah, berdasarkan data yang telah diolah dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), pada Februari 2019 ekspor buatan tanah air ke pasar global berhasil tumbuh 42%. Total pengirimannya mencapai 54.750 unit, sedangkan pada bulan yang sama tahun lalu hanya 38.679 unit.

Lonjakan besar yang mencapai 122% ini, membuat Honda berhasil meningkatkan pertumbuhan ekspor sepeda motor mereknya jauh melampaui pertumbuhan ekspor industrinya.

honda

Sama seperti yang dilakukan pada ekspor-ekspoer sebelumnya, Honda menggunakan dua kondisi dalam mengekspor kendaraan roda dua produksinya. Konsumen manca negara dapat memilih barang dikirim secara utuh/CBU (Completely Built Up) atau terurai/CKD (Completely Knocked Down).

Pengiriman ekspor sepeda motor dengan kondisi CBU, pada bulan lalu didominasi ke negara Bangladesh dan Filipina. Hebatnya, Honda Vario series berhasil menjadi produk yang paling laris diminati oleh konsumen nih. Total pengirimannya mencapai 11.616 unit.

Baca juga: Penjualan Honda Vario Di Jawa Barat Terus Naik, Apa Penyebabnya?

Ada pun tipe skutik lainnya yang diekspor seperti Honda BeAT series, dan motor sport seperti Honda Sonic 150, Honda CRF150, dan Honda CBR150.

ahm

Nah, ada juga nih yang diekspor secara CKD. Sehingga pengirimannya dengan komponen-komponen sepeda motor yang terurai. Menurut catatan, sebanyak 18.060 unit set CKD sepeda motor Honda terkirim sepanjang Februari 2019, ke manca negara. Seperti Vietnam, Malaysia, Jepang, Thailand, dan Kamboja.

General Manager Overseas Business Division AHM Kurniawati Slamet mengatakan, lonjakan pengiriman sepeda motor Honda merupakan bukti komitmen AHM untuk mendukung upaya peningkatan ekspor pemerintah.

"Pertumbuhan ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami dalam menggarap pasar ekspor dengan produk-produk kompetitif karya anak bangsa. Kami harapkan berkontribusi mempercepat pulihnya neraca perdagangan kita," kata Kurniawati.