POPULAR STORIES

Hypercar Pagani Utopia Dengan Desain Memaksimalkan Downforce

Hypercar Pagani Utopia dengan Desain Memaksimalkan Downforce Sumber: Netcarshow

KabarOto.com - Hypercar Pagani Utopia tampil dinamis, garis lekuk bodinya menunjukan bahwa ini bukan sekedar garis desain. Garis kontur dari depan hingga belakang, merupakan tujuan mencapai downforce yang lebih besar dan mengurangi hambatan hanya melalui desainnya.

Seperti hypercar kebanyakan, tampilan ekstrem menjadi modal utamanya dan selanjutnya kekuatan mesin yang akan berbicara.

Setiap Pagani dimulai dengan kejutan estetika. Pagani Utopia memancarkan kesederhanaan, menegaskan dirinya sendiri secara langsung, menegaskan dan memaksakan garis-garisnya, yang sangat khas dari Pagani tetapi pada saat yang sama sangat berbeda dari apa pun yang telah mereka tawarkan kepada kita sebelumnya. Bentuk yang lebih mengalir dan montok.

Baca juga: Edisi Terakhir Pagani Zonda Masuk Jalur Produksi

Dari kaca depan, dengan tepi atasnya yang membulat, hingga detail sayap dan kapnya, konturnya yang lebih lembut memberikan ekspresi baru, garis luar baru. Sebuah bentuk yang dihaluskan dan dihaluskan dalam waktu yang lama, tetapi yang melekat dalam ingatan sejak pertama kali melihatnya.

Pagani Utopia memiliki sedikit tambahan aerodinamis namun lebih efisien dari sebelumnya. Di mana beberapa hypercar memiliki banyak spoiler, Utopia menggabungkan fungsi lampiran ini ke dalam bentuk keseluruhannya, mencapai downforce yang lebih besar dan mengurangi hambatan hanya melalui desainnya.

Membutuhkan waktu 6 tahun untuk mendesain dan membangun Pagani Utopia, mulai dari sketsa gambar dan perhitungan komputer hingga bentuk definitif dibekukan untuk cetakan serat karbon. Utopia memanfaatkan desain aerodinamis, untuk memaksimalkan penanganan dan stabilitas yang mantap pada kecepatan berapa pun.

Aerodinamika aktifnya, dikombinasikan dengan peredam kejut yang dikontrol secara elektronik, memastikan perilaku dinamis yang optimal di semua kondisi berkendara. Suspensi double-wishbone, terbuat dari paduan aluminium aerospace, diuntungkan dari pengembangan panjang yang dilakukan pada Huayra versi lintasan balap. Tapi Pagani Utopia, mobil yang dirancang untuk penggunaan jalan raya, dapat mengatasi permukaan untuk penggunaan sehari-hari.

Baca juga: 40 Unit Pagani Huayra BC Supernova, Pesan Langsung

Sasis monokok karbon yang digunakan pada model Pagani sebelumnya menetapkan standar dalam hal kekuatan, ringan, dan kualitas bangunannya. Material sasis dikembangkan secara khusus untuk aplikasi estetika seperti bodywork, memberikan 38% kekakuan tambahan dengan kepadatan yang sama.

Jadi tidak saja menyenangkan, tetapi memberikan keamanan yang dibutuhkan pengemudinya. Utopia dibangun dengan memenuhi peraturan ketat dunia dalam segala hal, dimulai dengan keselamatan. Pagani Utopia lulus lebih dari 50 tes tabrakan yang parah, mulai dari pengembangan hingga pra-tes dan persetujuan homologasi, untuk mencapai sertifikasi globalnya.

Interior mobil dibuat sederhana, terlihat bergaya lebih retro. Tidak ada layar besar seperti pada umumnya mobil masa kini, intrumen bergaya retro dengan layar agak besar sebagai panel intrumennya. Semua instrumennya murni analog dan masing-masing dial yang mudah dibaca secara halus mengungkapkan bagian dari mekanismenya seolah-olah mengungkapkan gerakan kerangka.

Roda kemudi dibuat dari blok aluminium padat, dari jari-jari dan pelek berlubang hingga bos kolom kemudi, yang berisi airbag. Pedal juga terbuat dari satu blok logam, sementara mekanisme tuas persneling masih terbuka tetapi lebih canggih dari sebelumnya. Semua ini dengan obsesi yang tepat dibayar untuk ergonomi, efisiensi dan kemudahan akses.

Baca juga: Pangeran Arab Mohammad Bin Salman Beli Saham Pagani

Urusan jantung mekanisnya, mengandalkan mesin V12 BiTurbo berkapasitas 6.000 cc. Mesin ini dibuat khusus oleh Mercedes-AMG untuk Pagani, adalah hasil dari pengembangan yang luar biasa: mesin ini menghasilkan 876 dk dan, yang terpenting, torsi yang luar biasa 1100 Nm. Transmisinya mengandalkan Xtrac AMT dengan 7 percepatan, pemasangan transmisi dibuat melintang dengan bahan baku ringan.

Untuk peleknya dibuat ukuran berbeda, ukuran 21 inci di depan dan 22 inci belakang. Bannya menggunakan Pirelli PZero Corsa 265/35 R21 di depan dan 325/30 R22 di belakang.

Untuk harganya belum ada bocoran, namun akan segera diumumkan oleh pihak Pagani. Sabar yah Sob!