Hyundai Dan Apple Buka Kemungkinan Kerjasama Mobil Listrik Dan Baterai

Hyundai dan Apple Buka Kemungkinan Kerjasama Mobil Listrik dan Baterai

KabarOto.com – Hyundai Motor dikabarkan tengah memasuki pembicaraan awal dengan Apple untuk pembahasan mobil listrik dan baterai yang membuat saham pabrikan asal Korea Selatan melonjak.

Menurut keterangan Hyundai Motor, “Apple dan Hyundai sedang berdiskusi, namun masih tahap awal dan belum ada yang diputuskan.”

Setelah saham Hyundai melonjak, pabrikan ini mengaku banyak perusahaan yang mengajak untuk bekerjasama untuk membangun kendaraan listrik.

Baca Juga : Test Ride Vespa GTV Sei Giorni II - Reinkarnasi Modern Warisan Balap Era 1951

Saham Hyundai Motor melonjak 23,8%, menyentuh angka tertinggi dalam tujuh tahun terakhir di 255.000 won, sementara saham pembuat suku cadang mobil, Hyundai Mobis, melonjak hampir 30%. Saham Kia juga melonjak sekitar 14%

Melansir Korea Economic Daily TV menyebutkan bahwa raksasa teknologi Amerika Serikat yakni Apple dan Hyundai sedang bernegosiasi, dan diperkirakan akan mengembangkan baterai di pabrik-pabrik Amerika Serikat yang dioperasikan oleh Hyundai atau afiliasinya Kia Motors.

Sebelumnya, Hyundai dan Apple sudah pernah bekerjasama membuat CarPlay yang merupakan perangkat lunak Apple untuk menghubungkan iPhone ke kendaraan dari berbagai pabrikan mobil.

Baca Juga : Langkah Pertama Bentley Memasuki Era Kendaraan Listrik

Apple sendiri tengah dalam rencana membangun teknologi mobil tanpa pengemudi yang ditargetkan selesai pada awal 2024.

Analis mengatakan kemitraan Hyundai-Apple akan membantu Apple memotong biaya untuk mengembangkan dan membuat kendaraan karena akan dapat menggunakan platform dan fasilitas mobil listrik Hyundai.

"Apple dapat melihat Hyundai sebagai mitra yang ideal, karena dalam hal produsen mobil AS, mereka dapat jadi persatuan yang kuat, yang ingin dihindari Apple," kata Kevin Yoo, analis eBEST Investment & Securities.