Hyundai Kembangkan ICT, Transmisi Pindah Otomatis

Hyundai Kembangkan ICT, Transmisi Pindah Otomatis Information and Communication Technology Hyundai

KabarOto.com - Industri otomotif global terus berkembang dengan segala teknologi maju yang diaplikasikan. Kendaraan masa depan seperti elektrik dan otonom terus dimaksimalkan.

Teknologi yang tak kalah maju dikembangkan oleh Hyundai Motor Company dan Kia Motors Corporation, di mana perpindahan transmisi dapat dilakukan melalui komputerisasi.

Baca Juga: All New Hyundai I20, Desain Lebih Emosional Tak Lupakan Teknologi

Perusahaan yang berbasis di Korea Selatan ini telah mengumumkan pada Kamis kemarin, (20/2), bahwa mereka telah mengembangkan teknologi Information and Communication Technology (ICT).

ICT merupakan teknologi yang dapat secara otomatis menggeser atau mengubah transmisi sesuai kondisi jalan dan lalu lintas yang akan dilalui. Rencananya teknologi tersebut akan diaplikasikan di kendaraan masa depan.

ICT Connected Shift System menggunakan smart software di bagian Transmission Control Unit (TCU). Di sini sistem akan mengumpulkan dan menginterpretasikan serta memberi input secara real-time dari navigasi 3D, radar untuk smart cruise control, dan kamera.

Nah, kita bedah lagi nih input apa saja yang akan dihasilkan dari navigasi 3D dan smart cruise control. Navigasi 3D akan menghasilkan input meliputi ketinggian, kemiringan, kelengkungan hingga berbagai peristiwa di jalan, tentunya tak ketinggalan kondisi lalu lintas terkini.

Baca Juga: Hyundai Prophecy, Mobil Listrik Tanpa Batas

Sementara radar untuk smart cruise control akan mendeteksi kecepatan dan jarak antara kendaraan dengan kendaraan lainnya. Nah, kegiatan tersebut dibantu kamera yang akan menyediakan informasi jalur.

Jadi, jika sistem mendeteksi kendaraan dalam kondisi perlambatan yang relatif lama dan radar mendeteksi tidak ada ketidakteraturan kecepatan dengan mobil di depannya maka transmisi akan beralih ke mode netral. Sehingga, bahan bakar mobil bisa lebih efisien.

Baca Juga: Hyundai I30 Terbaru Akan Manfaatkan Geneva Motor Show 2020

Adanya ICT juga dapat mengurangi frekuensi penggunaan rem sekitar 11 persen. Sehingga dapat meminimalisir kelelahan pengemudi dan keausan rem.