POPULAR STORIES

Hyundai Kembangkan Skuter Listrik Canggih Yang Bisa Menjelajah Hingga 20 Km

Hyundai Kembangkan Skuter Listrik Canggih yang Bisa Menjelajah Hingga 20 Km Skuter canggih buatan Hyundai (Hyundai)

KabarOto.com - Bisa dibilang, Hyundai Motor Group saat ini menjadi salah satu produsen otomotif yang memiliki teknologi elektfirikasi dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) canggih.

Di masa depan, mobil balap Hyundai pun akan menggunakan sumber tenaga listrik. Tak hanya mobil, untuk kemudahan mobilitas manusia dalam jarak dekat, saat ini Hyundai juga tengah mengembangkan skuter listrik prototipe baru.

Baca Juga: Raih Penghargaan IIHS, Hyundai Nexo Jadi Kendaraan Hidrogen Pertama Yang Diuji

Konsep awal skuter listrik ini sebelumnya pernah ditampilkan pada ajang CES 2017, dan hingga kini terus mengalami pengembangan. Salah satu contoh pengembangannya adalah, bila sebelumnya skuter tersebut menggunakan penggerak roda depan, sementara versi 2019 menggunakan penggerak roda belakang.

Dapat dilipat dengan mudah

"Model baru ini menawarkan penggerak roda belakang, baterai lithium yang sangat mumpuni, serta lampu depan LED dan belakang yang penuh gaya," ujar DongJin Hyun, kepala Tim Robotika Hyundai Motor Group.

Lebih lanjut Hyun mengatakan, keputusan mengubah sistem penggerak skuter tersebut dikarenakan faktor keselamatan dan stabilitas karena bobotnya menjadi berpindah.

Dilengkapi lampu LED untuk berkendara di malam hari

Selain itu, para insinyur Hyundai juga telah menambahkan suspensi ke roda depan, untuk memberikan pengendaraan yang lebih mulus, bahkan pada permukaan yang kasar.

Versi terbaru skuter listrik ini, dibekali baterai lithium 10,5 Ah, yang memungkinkannya mencapai kecepatan tertinggi 20 kpj. Bila terisi penuh, skuter tersebut dapat menjelajah hingga jarak 20 km.

Memiliki bobot yang ringan

Skuter ini juga terbilang ringan, karena beratnya hanya sekitar 7,7 kg. Desainnya juga dibuat portabel, sehingga bisa dilipat dengan mudah. Canggihnya, skuter ini juga dilengkapi layar digital, yang menunjukkan status dan kecepatan baterai.

Baca Juga: Bikin Penasaran! Hyundai Bakal Luncurkan Mobil Balap Listriknya Bulan Depan

Kedepan, Hyundai juga berencana menginstal sistem pengereman regeneratif, untuk meningkatkan jangkauan skuter hingga 7%. Tak hanya itu, produsen asal Korea Selatan tersebut juga berencana untuk mengintegrasikan skuter listriknya, dengan kendaraan Hyundai dan Kia masa depan.

Jadi, baterai skuter tersebut nantinya bisa diisi secara otomatis, menggunakan listrik yang dihasilkan saat mengemudi dari kendaraan Hyundai.

Setelah sampai di tempat tujuan, pengemudi bisa langsung menggunakan skuter listrik tersebut untuk berjalan keliling mall, atau kantornya. "Kami ingin membuat kehidupan pelanggan kami semudah dan semenyenangkan mungkin, sambil membantu mengurangi kemacetan dan emisi di pusat kota," kata Hyun.