Hyundai Kembangkan Teknologi Agar Kabin Selalu Senyap

Hyundai Kembangkan Teknologi agar Kabin Selalu Senyap Hyundai Motor Company

KabarOto.com - Hyundai Motor Group terus mengembangkan sistem serta teknologi untuk produksinya. Kali ini, tepat pada hari Senin lalu (11/11) di Seoul, Korea Selatan Hyundai mengumumkan pengembangan sistem Road Active Noise Control (RANC). Ini merupakan sistem pertama di dunia yang dapat mengurangi bisingnya kabin kendaraan.

RANC merupakan teknologi Active Noise Control (ANC). Teknologi ini akan memancarkan gelombang suara di balik kebisangan yang masuk, sehingga kebisingan akan berkurang. Kebisingan interior kendaraan utamanya berasal dari tiga sumber, yaitu kebisingan powertrain kendaraan, jalan, dan angin.

ANC adalah teknologi yang digerakkan melalui perangkat lunak untuk menganalisis suara di dalam kabin, misalnya dari suara mesin atau jalan. Teknologi ini berbeda dengan metode pasif atau lama yang memblokir bising melalui isolasi suara.

Baca Juga: Mengintip Spesifikasi Mobil Balap Listrik Hyundai Veloster N ETCR

Berbicara terkait perbedaan antara ANC dan isolasi suara, metode pasif melibatkan peredam suara dan peredam dinamis. Di mana hal tersebut akan menambah bobot namun tidak berhasil memblokir infrasuara yang berdengung secara maksimal.

Sementara ANC menggunakan bagian yang lebih ringan, seperti mikrofon dan pengontrol. Bagian tersebut digunakan untuk mengontrol serta mengurangi infrasonik, dan dianggap lebih efisien. Bahkan beberapa kendaraan Hyundai sudah dilengkapi dengan teknologi ini.

Sampai saat ini teknologi ANC masih memiliki keterbatasan untuk mengukur tingkat kebisingan. Sehingga, teknologi analisis ANC hanya dapat bereaksi terhadap kebisingan yang konstan atau terjadi sesuai prediksi. Umumnya, teknologi ini digunakan untuk menangkal kebisingan akibat suara mesin yang konstan.

Prinsip kerja RANC yaitu menggunakan sensor akselerasi, kemudian RANC akan menghitung getaran dari jalan ke mobil, lalu komputer akan menganalisis kebisingan jalan. Hanya diperlukan waktu 0,002 detik untuk menganalisis kebisingan dan menghasilkan gelombang suara terbalik (bising ke senyap), dihasilkan oleh DSP (Digital Signal Processor).

Baca Juga: Wow! Atlet Ini Lari Dan Menghirup Udara Dari Knalpot Hyundai Nexo

Sementara mikrofon akan terus memantau status pembatalan kebisingan jalan, kemudian mengirim informasi ke DSP. Kerennya, RANC mampu melakukan analisis kebisingan yang akurat dengan perhitungan cepat untuk kursi pengemudi, penumpang depan dan belakang secara terpisah.

Berdasarkan tes yang mengevaluasi permukaan jalan, kecepatan kendaraan, dan posisi tempat duduk yang berbeda, RANC mampu mengurangi kebisingan di dalam kabin hingga 3dB. Nah, Level 3dB ini jika diperkirakan yaitu sekitar setengah dari level noise dibandingkan dengan tanpa RANC.

"RANC adalah teknologi luar biasa yang membawa teknologi NVH ke tingkat selanjutnya. Kami akan terus mengambil posisi terdepan dalam teknologi NVH dan memberikan tingkat ketenangan tertinggi kepada pelanggan," ungkap Gangdeok Lee selaku Peneliti di NVH Research Lab.