POPULAR STORIES

Hyundai Kembangkan Transmisi Canggih Untuk Mobil Hybrid

Hyundai Kembangkan Transmisi Canggih untuk Mobil Hybrid Hyundai Ioniq Hybrid

KabarOto.com - Produsen otomotif asal Korea Selatan, Hyundai, baru saja memperkenalkan teknologi transmisi Active Shift Control untuk kendaraan hybrid. Teknologi itu, disebut sebagai yang pertama ada di dunia.

KyoungJoon Chang, Vice President and Head of Powertrain Control System Group of Hyundai Motor Group mengatakan, fitur ini bakal memberikan manfaat antara lain meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar dan kesenangan berkendara.

Baca Juga: Toyota GR Supra Ada Pilihan Mesin 2.000 Cc, Tetap Galak!

"Hyundai menyatakan hasil pengembangan teknologi Active Shift Control (ASC), untuk mendukung kinerja sistem transmisi otomatis pada kendaraan hybrid yang pertama ada di dunia, dan telah siap masuk jalur produksi sebagai bagian perangkat standar pada kendaraan Hyundai," kata KyoungJoon.

Sistem transmisi canggih

Kecanggihan teknologi ASC pada sistem transmisi otomatis ini adalah mampu mereduksi proses perpindahan gigi hingga 30 persen. Efeknya, perpindahan gigi dapat lebih responsif.

"Teknologi ini, mengoptimalkan efisiensi kerja transmisi dengan cara memonitoring atau memantau proses perpindahan gigi sebanyak 500 kali per detik, lalu secara presisi mengatur rotasi kecepatan transmisi agar berlangsung lebih cepat," jelas KyoungJoon.

Pertama kali akan diterapkan pada Sonata Hybrid

Hyundai, sedianya menerapkan teknologi terbarunya ini pada model terbaru Sonata Hybrid. Setelah itu, ASC rencananya juga akan disematkan pada kendaraan-kendaraan produksi Hyundai lainnya.

Baca Juga: Test Drive Honda CR-V 1.5L Prestige Turbo - Bongsor Bertenaga Besar

Aplikasi ASC, didukung dengan perangkat lunak baru pada Hybrid Control Unit (HCU) yang berfungsi untuk mengontrol motor listrik, agar selaras dengan kecepatan putaran mesin dan transmisi.

Teknologi ini pun bisa mengantarkan proses perpindahan gigi yang lebih halus dan lembut, meskipun prosesnya terjadi lebih cepat.

"Pengembangan teknologi ACS pertama di dunia merupakan sebuah inovasi yang luar biasa sebagai bagian kontrol motor yang lebih presisi pada sistem transmisi otomatis," pungkas KyoungJoon.